Rutan Labuhan Deli Kanwil KemenkumHam Sumut Melaksanakan Penanaman Jagung Perdana Tahun 2022 Seluas 12 Hektar

  • Bagikan

MEDAN LABUHAN | kabar24jam.com

Selasa, 18 Januari 2022.

Mengawali program kerja tahun 2022 Bimbingan Kemandirian Rutan Klas I Labuhan Deli membuat banyak program dalam menciptakan pembinaan kemandirian, salah satunya pembinaan dibidang Pertanian yaitu Budidaya Jagung.

Setelah melakukan panen perdana sekitar seminggu lalu dengan luas 12 Ha yang berada di 2 lokasi yaitu daerah Marelan seluas 8 Ha dan Sentis 4 Ha , Rutan Labuhan Deli bergerak cepat melakukan pengolahan tanah agar kemudian ditanam kembali

Karutan Nimrot Sihotang, Selasa (18/1/2021), mengatakan penanaman jagung kali ini merupakan penanaman perdana untuk tahun 2022, pertama- tama kami memohon dan berdoa kepada Tuhan Sang pencipta agar apa yang kami lakukan ini selalu diridohi, kami akan terus melakukan kegiatan seperti ini secara continue dalam rangka mendukung program Presiden RI tentang ketahanan pangan dengan istilah Lumbung Ketahanan Pangan (Food Estate).
Kemudian ditindaklanjuti oleh Kemenkumham dan jajaran Ditjenpas dengan mendeklarasikan resolusi pemasyarakatan Tahun 2020 yang memuat 15 poin al.
Meningkatkan SDM Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),
Meningkatkan ketahanan pangan, Memberikan pemasukan berupa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), serta berperan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional pada masa pandemi. Para mantan WBP dan masyarakat sekitar kami berdayakan untuk bekerja dengan sistem upah sehingga mereka merasakan manfaat secara langsung kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk dukungan Rutan Labuhan Deli untuk mewujud nyatakan berbagai Program Pemerintah tersebut. “Nimrot menambahkan bahwa saat ini petugas harus mampu berinovasi sehingga tidak monoton dengan tugas sehari- hari, kami memprogramkan inovasi dimulai dibidangnya masing-masing”.

Nimrot berterima kasih kepada Kementan, Bappenas, Ditjenpas, serta pihak lain yang turut mendukung budidaya jagung selama ini. Kementan sudah banyak membantu dan memberikan ilmu kepada kami yang sudah dimulai tahun 2020 sampai dengan saat ini, kami berharap terus mendapat dukungan dan bantuan seperti ini sebab kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk mendukung program pemerintah, sekaligus juga pemenuhan program pembinaan kemandirian kepada WBP yang sudah bebas maupun yang menjalani asimilasi.

“Pemasyarakatan di era digital ini bagi WBP tidak hanya menjalani hukuman saja lalu bebas, lebih dari itu kami juga berkewajiban untuk menanamkan mindset yang baik dan skil yang mumpuni agar mereka nantinya setelah selesai menjalani hukuman bisa siap kerja, dan dapat membuat lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri, dan mengurangi angka residivis” yah cara kami mewujudkan semua hal tersebut dengan membuat kegiatan positif seperti ini, katanya

Sementara itu, Kasubsi Bimbingan Rutan
Labuhan Deli, Wilson Sibarani mengatakan kegiatan penanaman ini diperkirakan akan berlangsung selama 2 hari, dan benar yang disampaikan oleh Pimpinan kami bahwa yang kerja disini adalah mereka mantan wbp dan masyarakat sekitar, ada 40 orang yang kami libatkan untuk bekerja dan kami mengupahkannya dengan upah 1Juta /Ha, dan bibit yang kami gunakan adalah Biji 18 untuk menyesuaikan dengan kondisi alam saat agak kemarau, kami berterima kasih kepada pimpinan karena terus mendorong dan mendukung kegiatan seperti ini yang sudah kami mulai tahun 2018 dan kegiatan ini sendiri digagas oleh Karutan Nimrot Sihotang, Pada kegiatan itu Karutan mengajak jajaran untuk melakukan penanaman secara bersama² dengan mantan wbp dan masyarakat, Wilson juga menambahkan bahwa setelah penanaman selesai dilakukan maka kami akan melakukan perawatan sesuai dengan jadwal dan kalender kerja budidayakan jagung sesuai standar dari Kementan dan pengalaman sebelumnya, kami akan berusaha memberikan perawatan yang terbaik dan semoga Tuhan yang akan menuntun kami dalam kegiatan ini supaya semuanya memberikan hasil yang baik demi Indonesia makmur. ( Wil )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.