Open Ship, KRI Banjarmasin-592 Terima Kunjungan Pelajar

  • Bagikan

MERAUKE  |  kabar24jam.com

Kamis, 24 Maret 2022.

Kapal perang RepubIik Indonesia yang sandar di Dermaga Umum Yos Sudarso Merauke yakni KRI Banjarmasin dengan nomor lambung 592 menerima kunjungan pelajar sekolah di Kabupaten Merauke, Papua. Kamis, (24/03)

KRI Banjarmasin-592 yang di Komandani oleh Letkol Laut (P) Bambang Purnomo ini merupakan kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya. Kapal dengan panjang 125 m (410,10 ft) dan lebar 22 m (72,18 ft) ini juga mampu mengangkut 5 buah helikopter (3 di geladak heli, 2 di hanggar). Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.

Seperti yang diberitakan sebelumnya selama berada di Merauke, KRI Banjarmasin-592 melaksanakan beberapa kegiatan antara lain bekal ulang bahan bakar, pergeseran material dan bahan makanan. Selain itu, juga melaksanakan open ship sampai dengan hari Kamis (24/03). Open ship kali ini, KRI Banjarmasin 592 memberikan kesempatan bagi pelajar dan masyarakat umum kota Merauke dapat melihat secara langsung KRI Banjarmasin-592 secara fisik termasuk alat peralatan dan persenjataan yang ada di kapal perang tersebut.

Hal tersebut tidak dilewatkan oleh Siswa dan Siswi SMAN 1 Merauke dan SMAN 3 Merauke untuk datang mengunjungi KRI Banjarmasin-592. Terlihat raut antusias para siswa dan siswi mendengar penjelasan dari Pengawak KRI Banjarmasin-592.

Sementara itu di tempat terpisah Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H. mengatakan “Kegiatan kunjungan ini sesuai dengan misi kita untuk mengenalkan kehidupan TNI Angkatan Laut di kapal perang kepada anak-anak sekolah dan masyarakat luas untuk menambah pengetahuan serta menumbuhkan rasa cinta terhadap TNI Angkatan Laut, diharapkan nantinya anak-anak selesai menempuh jenjang pendidikan sudah memiliki wawasan dan berminat bergabung dengan TNI AL”, terang Danlantamal.

Kegiatan ini selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Setelah melaksanakan open ship siang itu juga dengan dilepas oleh tim merplug Lantamal XI, KRI Banjarmasin-592 bertolak meninggalkan Dermaga Umum Yos Sudarso Merauke untuk melanjutkan pelayaran menuju laut lepas.

Sumber : Dispen Lantamal XI.

Editor : K24_01/Ahmad.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.