Berkomitmen Tingkat Ketahanan Pangan, Rutan Labuhan Deli Lakukan Panen Jagung 8 Ton

  • Bagikan

MEDAN LABUHAN  |  kabar24jam.com

Jum’at, 25 Maret 2022.

Budidaya Jagung di Lahan Rutan Labuhan Deli pada hari ini Jumat, 25 Maret, 2022, melakukan panen Raya Jagung dalam rangka mendukung Program Presiden R.I, tentang ketahanan pangan dengan istilah food estate (lumbung ketahanan pangan), kegiatan ini merupakan panen kedua untuk tahun ini setelah panen perdana dilakukan pada bulan Januari lalu.

Karutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang mengatakan bahwa sesuai dengan amanah UU Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan, Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020, dan Janji Kinerja Seluruh Petugas Rutan Labuhan Deli Tahun 2022 bahwa Jajaran harus berinovasi dan tidak monoton dengan tugas sehari², sudah harus mampu berinovasi di bidang nya masing- masing, contoh nyata seperti yang dilakukan hari ini bagian dari inovasi, selanjutnya setelah ini kami harus mampu berinovasi di bidang lain lagi.

Pada kesempatan ini saya berterima kasih kepada Jajaran yang sudah bekerja keras sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik sampai saat ini sejak kami mulai yang sudah digagas sejak 2018 silam lalu, kegiatan ini semata – mata dilakukan untuk mendukung program pemerintah, sekaligus juga untuk pemenuhan program pembinaan kemandirian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun kepada mantan WBP.

“Pemasyarakatan diera digital ini bagi WBP tidak hanya menjalani hukuman saja lalu bebas, lebih dari itu kami juga berkewajiban untuk menanamkan mindset yang baik dan skill yang mumpuni agar mereka nantinya setelah selesai menjalani hukuman menjadi orang yang siap kerja dan juga dapat membuat lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri.

Perlu diketahui bahwa kegiatan merupakan aplikasi di lapangan atas amanah pimpinan dan dari hari – kehari harus terus ditingkatkan. Sebagai contoh bahwa saat ini ada beberapa WBP yang sudah beberapa tahun lalu keluar kemudian kami ajak bekerjasama dan diberdayakan untuk mengelola beberapa lokasi jagung, seperti yang saat ini kami panen merupakan hasil dari kerjaan petugas bersama mantan wbp, maka dengan kegiatan yang kami bangun selama ini besar harapan kami mereka kelak tidak kembali melakukan kejahatan, diakhir statemen beliau juga berpesan kepada masyarakat umum agar mendukung Rutan Labuhan Deli mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Tahun 2022,” ucapnya.

Sementara itu, Kasubsi Bimbingan Kegiatan Wilson Sibarani mengatakan panen ini kami lakukan bersama rekan-rekan sub bimgiat, Ketua Koperasi dan mantan wbp serta masyarakat sekitar. Panen kali ini berlangsung disalah satu lokasi yang berada di Marelan pasar 7 dengan luas 1 Ha dengan hasil produksi 8 ton.

“Kegiatan ini bisa berlangsung atas arahan dan petunjuk Karutan Bapak Nimrot Sihotang sebab kegiatan ini terlaksana atas kebijakan beliau dengan melibatkan Koperasi sebab pada DIPA kami belum ada anggaran untuk mendukung kegiatan seperti ini dan berkat kegiatan budidaya jagung yang sudah kami bangun mulai tahun 2018 lalu, kami memberikan berbagai kegiatan untuk bekal WBP setelah bebas nantinya. Menurut saya kegiatan ini sangat baik karena kami bisa mendapat wawasan yang baru dan kami lebih dikenal masyarakat dengan berbagai kegiatan positif karena kegiatan ini berlangsung ditengah-tengah masyarakat sehingga WBP nanti yang akan bebas lebih mudah diterima masyarakat kembali, kegiatan ini juga bisa sebagai penyumbang PNBP dari Rutan Labuhan Deli” pungkasnya. ( Wil )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *