Zona 1 Dinas Pendidikan Kecamatan Tunjung Teja Gelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

  • Bagikan
Zona 1 Dinas Pendidikan Kecamatan Tunjung Teja Gelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)
Foto/ist.

BANTEN, KABAR24JAM Dinas Pendidikan Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang gelar simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Jum’at 29 September 2022.

Simulasi ANBK ini di sambut antusias oleh para siswa siswi salah satunya Dinas Pendidikan Zona 1 Kecamatan Tunjung Teja yang dilaksanakan di SDN Jambu.

Adapun pelaksana Simulasi ANBK di Zona 1 yakni, Proktor Aop komarudin, teknisi Herlansyah, Pengawas Emay Maemunah dan Suci Susanti.

Indri siswa kelas V (lima) mengatakan, bahwa dengan adanya simulasi ANBK ini dirinya jadi giat mengenal teknologi berbasis pelajaran melalui komputer.

“Senang dan bisa lebih semangat lagi belajar lewat komputer,” ucapnya.

Sementara itu, Irwansyah selaku Ketua K3S Kecamatan Tunjung Teja menjelaskan, kegiatan Simulasi ANBK ini bertujuan untuk pengembangan kompetensi dan karakter murid. Selain itu, guna memberi gambaran tentang karakteristik dan esensial sebuah satuan pendidikan.

“Asesmen Berbasis Komputer Nasional ini kedepannya nanti diharapkan untuk mengukur ketercapaian tingkat kualitas sekolah dalam mencapai mutu pendidikan berdasarkan kemampuan sumber daya di sekolah dalam pengoperasian sistem pengajaran berbasis ANBK,” ungkapnya.

Irwansyah menambahkan, mutu pendidikan ini juga dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yakni literasi serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan belajar berikut Survei Lingkungan Sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut, Ketua K3S berharap semoga kegiatan ini bermanfaat bagi sumber daya di sekolah yang ditempatinya, terutama pada perbaikan mutu pembelajaran dan mutu tenaga pendidik dan kependidikan atau tata usahanya.

“Terutama, pengembangan kompetensi dan karakter pada murid di satuan Dinas Pendidikan Kecamatan Tunjung Teja, selain itu juga kepala sekolah dan guru wajib melaksanakan pengisian survei lingkungan untuk menilai sekolah atau satuan pendidikan yang ditempatinya,” pungkasnya.

Kegiatan simulasi ANBK berjalan lancar dan kondusif. (K24_01/r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *