Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada III Memasuki Tahap Tactical Floor Game/ TFG

  • Bagikan

PAPUA BARAT  |  kabar24jam.com

Kamis, 24 Maret 2022.

Koarmada III menggelar Tactical Floor Game (TFG) untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan dalam pelaksanaan latihan lapangan peserta Latihan Kesiapsiagaan Operasional/ LKO Koarmada III Tahun 2022, yang dipimpin oleh Komandan Satuan Udara Koarmada III Letkol Laut (P) Dani Hamdani sebagai Dansatgas SAR Laut dan disaksikan langsung oleh Asops Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Endra Hartono yang mewakili Panglima Komando Armada Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, bertempat di Gedung M Pardi Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat. Kamis (24/03/022).

Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koarmada III tahun 2022 dengan sandi “Panah-22” kali ini meliputi Latihan Markas Komando (Mako) dan Latihan Lapangan, Latihan Mako berlangsung di Mako Koarmada III sedangkan Latihan Lapangan akan berlangsung di Perairan Sorong.

Latihan Markas Komando (Mako) Unsur pimpinan dan staf, melaksanakan revisi Rencana Operasi (RO) melalui PPKM secara aplikatif (analisa krisis) dengan urut-urutan kegiatan penyampaian perintah operasi, melaksanakan TFG guna menguji merevisi RO sesuai perkembangan situasi terkini, mekanisme penyusunan rencana terinci dalam membantu menanggulangi korban pada saat terjadi bencana alam dan kecelakaan di laut, serta pengawasan dan pengendalian.

Dalam arahannya dikatakan Asops Pangkoarmada III, bahwa dengan pelaksanaan TFG/ Tactical Floor Game diharapkan seluruh peserta yang terlibat latihan dari setiap unsur yang terlibat dalam manuver lapangan nantinya paham akan tugas masing-masing. Sehingga rencana latihan yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan baik, aman dan lancar.

Latihan Kesiapsiagaan Operasional/LKO Koarmada III TA 2022, merupakan salah satu pelaksanaan dari program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono dalam membangun SDM TNI Angkatan laut yang unggul serta meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi ancaman yang bersifat non-konvensional serta penyelarasan doktrin, operasi latihan dan system pelatihan yang fleksibel dan adaptive terhadap dinamika situasi terkini. ( K24_01/Ahmad )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.