HEADLINE NEWS

Kategori

YonMarhanlan 1 Konsisten Mendukung Program Pemerintah Dengan Sukseskan Lantamal 1 Gelar Serbuan Vaksinasi Bagi Masyarakat Maritim dan Pelajar


SUMUT|Kabar24jam.com

Jum'at 08/10/2021

- Belawan

Guna mencapai target program pemerintah untuk vaksinasi Covid-19 dosis ke-1 dan ke-2 sebanyak 70% sesuai dengan program jumlah penduduk Indonesia bisa tervaksin agar mendapat kekebalan komunal (Herd Immunity) dari virus Covid-19. Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I konsisten mendukung program pemerintah dengan bahu membahu bersama Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat maritim dan pelajar dengan serentak menyasar 3 lokasi serbuan vaksinasi di Medan. Kamis (07/10/2021). 

Serbuan Vaksinasi kali ini menargetkan 1.500 masyarakat maritim dan pelajar yang tervaksin yakni dari SMP Yayasan Hangtuah 1 Belawan, SMP Nasrani, SMP Methodist Belawan dan SMPN 26 Pulau Sicanang Belawan dan  masyarakat di sekitar Kawasan Industri Modern (KIM) Mabar Medan bertempat di area PT. Musim Mas Martubung dan di depan Masjid Al-Istiqomah Jl. Tembaga Lingk. IX Tanah Enam Ratus Kel. Tanah Enam Ratus Kec. Medan Marelan Kota Medan untuk menerima vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. 

Saat meninjau serbuan Vaksinasi ini, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono SE. MM yang diwakili Aspotmar Lantamal 1  Kolonel Marinir Maslan Tumanggor mengatakan," bahwa serbuan vaksinasi ini merupakan upaya nyata dalam mendukung pemerintah untuk memberikan 2 juta vaksinasi per hari bagi masyarakat dan ini merupakan instruksi langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh satuan TNI AL di tanah air. 

Vaksinasi ini bertujuan untuk menciptakan herd immunity pada masyarakat maritim di Kawasan Industri Modern (KIM) Mabar, Medan, Siswa/i SMP dan masyarakat yang ada di sekitar Tanah Enam Ratus Kecamatan Marelan, Medan. Sehingga diharapkan setiap para pekerja pabrik mendapatkan kekebalan tubuh terhadap virus covid-19 dan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dan juga anak anak sekolah dapat sekolah secara tatap muka. 

“Vaksinasi yang ditargetkan mencapai 1.500 kepada masyarakat maritim dan pelajar ini direspon antusias oleh masyarakat dan para pelajar. Para pelajar tersebut mengungkapkan keinginan dan kerinduannya untuk kembali belajar di sekolah dan berharap pandemi covid-19 dapat segera berakhir. 

“Terima kasih TNI AL, dengan sudah divaksin ini, semoga kami bisa secepatnya kembali belajar dengan tatap muka di sekolah dan covid-19 ini bisa segera hilang,” ungkap salah satu siswa SMP Hangtuah 1 Belawan. 


Dalam pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19, dimana masyarakat setelah selesai divaksin, dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat. Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Yonmarhanlan I dan personel Pomal yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi. 

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi disiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak sebagai berikut ; 3 tim dari Dinas Kesehatan Lantamal I, 3 Tim dari RSAL. Komang Makes Belawan, 1 tim dari RS. PHC Belawan, 1 tim dari Puskesmas Belawan, 1 tim dari Puskesmas Sicanang, 1 tim dari Puskesmas Pekan Labuhan, Medan.( wilmar) 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *