HEADLINE NEWS

Kategori

Budidaya Kerang Dara di Labuhan Terkenal Sampai Negeri Cina



LABUHAN | kabar24jam.com 

Rabu, 30/06/2021.

   Kerang termasuk sejenis binatang liar yang hidupnya di dasar laut. Bermacam-macam jenis kerang di laut, salah satunya Kerang Dara yang paling banyak dikonsumsi warga karena kandungan proteinnya tinggi juga lezat rasanya bahkan negara Cina pun sudah menikmati hasil budidaya Kerang Dara tersebut.

   Kerang Dara ini mulai dibudidayakan petani tambak di Jalan. Young Panah Hijau, Gang.Antara, Kelurahan.Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Provinsi. Sumatera Utara bekisaran 7 Tahun.

  Adapun Media budidaya Kerang Dara yang dilakukan warga setempat adalah lahan tambak yang sebelumnya lahan tidur yang tidak dimanfaatkan pemilik lahan.

   Saat di wawancarai awak media di lokasi budidaya, Faisal Nasution, Ketua Kelompok Tani Budidaya Kerang Dara mengatakan, Berawal dari keterpurukan ekonomi yang dialaminya, Dirinya bersama rekannya mencoba merubah Nasib menjadi petani Kerang Dara.

   "Dulu saya bekerja menjadi anggota TKBM yang ada di Belawan, dengan berjalannya waktu saya bersama rekan - rekan yang ada mencoba memanfaatkan lahan yang ada untuk bertani Kerang Dara.,"katanya.

   Dengan memanfaatkan lahan yang tertinggal, lanjutnya. Dirinya juga mencoba melestarikan alam dengan membudidayakan Pohon Mangrove.

  "Saya bersama rekan - rekan yang ada memanfaatkan lahan yang tertinggal untuk ditanami pohon Mangrow dan budidaya Kerang Dara, sudah berlangsung 7 tahun saya budidayakan Kerang Dara, dari 15 hektare sekarang sudah 50 hektare lahan yang saya kelola dengan lahan seluas 300 hektare yang tebengkalai akibat dari Abrasi Air pasang laut."tambahnya.

   Mantan anggota TKBM Belawan ini juga berharap kepada Pemerintah khususnya Kota Medan untuk kiranya melihat apa apa saja yang harus diperhatikan didaerahnya khususnya para petani Kerang Dara.

   "Saya berharap untuk Pemerintah Kota Medan untuk melihat apa saja yang harus diperhatikan di daerah saya,yang mana tanggul tanggul pada pecah dan jalan jalannya pada rusak. Mungkin itu saja yang saya harapkan semoga kami dapat keluar dari keterpurukan ekonomi dan Pemerintah dapat menggandeng kami, "pungkasnya saat di wawancarai Jurnalis Online Bersatu di kediamannya.

   Ditempat yang sama, Ketua Jurnalis Online Bersatu (JOB), Riadi mengatakan, Akan membantu mempublikasikan dan menyampaikan Kepemerintah khususnya Pemerintah Kota Medan untuk dapat lebih memperhatikan para Petani Kerang Dara tersebut.

   "Kami dari Jurnalis Online Bersatu akan membantu mempublikasikan Kepemerintah khususnya Kota Medan untuk memperhatikan para petani Kerang Dara dan membantu taraf hidup perekonomian para petani Kerang Dara,"katanya.

  bUsai wawancara, Ketua, Sekretaris dan Bendahara Jurnalis Online Bersatu di jamu makan siang dengan menu kebesarannya yaitu Kerang Rebus dan menu lainnya. Suasana terlihat akrab dan santai saat menikmati santapan yang sudah di persiapkan.

   Sesekali Ketua Jurnalis Online Bersatu melontarkan pertanyaan kepada Ketua Kelompok Tani Kerang Dara sambil menikmati hidangan Kerang Rebus.

   Sempat di ceritakan Faisal Nasution masa panen Kerang Dara dari mulai masuk bibit hingga Panen tiba.

   "Dari mulai saya masukkan bibit kerang,selama kurang lebih 10 bulan hingga Satu Tahun baru kami Panenlah Kerang Dara tersebut tanpa kita beri makan,"kata Faisal.

   Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas kunjungannya yang mana nantinya dapat membantu mempublikasikan nasib mereka kepada Pemerintah.

   "Terimakasih saya ucapkan semoga kedepannya, JOB dapat bekerjasama dengan kami dalam memberitakan apa apa saja yang harus Pemerintah lihat terhadap usaha yang sudah kami perbuat dengan memanfaatkan lahan terbengkalai akibat derasnya air pasang dan Abrasi yang terjadi selama ini,"tutup Faisal. ( Wil )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *