HEADLINE NEWS

Kategori

SMK KAL-1 Lahirkan 260 Siswa, Siap Hadapi Persaingan Dunia Usaha Dan Dunia Industri



SURABAYA  |  kabar24jam.com

Rabu, 03 November 2021.

   Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) yang berlokasi di Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut ( KODIKLATAL ) Surabaya, Rabu (03/11/2021)  melaksanakan purnawiyata kepada 260 siswanya yang berlangsung di Gedung Graha Samudera Bumimoro Surabaya. Purnawiyata / merupakan simbul dari berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi tersebut berlangsung secara hikmat di pimpin langsung oleh Kepala SMK KAL-1 Kolonel Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanro, M.Si di hadiri seluruh siswa beserta orang tua masing-masing  dengan melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

   Prosesi purnawiyata diawali dengan masuknya Kepala Sekolah di damping 3 Wakil Kepala sekolah ( Waka Sarana  Prasarana dan IT Karno S.B , S.Pd., M/Pd,  Waka Kesiswaan dan Humas Munawar, S.Pd , Waka Kurikulum dan Posdik Ari Sutrijono, S.Pd., MM)  serta 4 Kepala Program Kejuruan ( TKR, TPM, TAV dan TITL) melewati jajar kehormatan pasukan pengibar bendera Paskibra SMK KAL-1 ( PASKAL-1), dilanjutkan menyanyikann lagu Kebangsaan Indonesia Raya di teruskan menyanyikan lagu Mars Hang Tuah dipimin oleh Arifani Catra Mutia, S.Pd.

   Sebagai pembuka acara di suguhkan tari Remo Gagrak Anyar oleh siswi Arum Lstari XII TAV, Aisyah N  XI TAV, Nur Aini XI TAV dan Celica XI TPMA,  dilanjutkan pembacaan surat keputusan kelulusan yang di sampaikan oleh Waka Kurikulum Ari Sutrijono, S.Pd., M.M dimana dalam kesempatan ini  merangkap selaku Ketua Panitia Punawiyata. SMK KAL-1 Surabaya pada tahun pelajran 2020/2021  berhasil meluluskan 100 % dari jumlah siswa 260 yang terdiri dari 4 jurusan (TKR, TPM, TAV dan TITL) dengan rincian kejuruan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 102 siswa, kejuruan  Teknik Pemesinan (TPM) 78  siswa, kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 40  siswa dan kejuruan Teknik Audio Video (TAV) 39  siswa.

   Direktur SMK KAL-1 sebutan keseharian selaku Kepsek  yang di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya ini,  di depan orang tua siswa menyampaikan bahwa mulai saat ini manajemen sekolah telah menyelesaikan tugasnya dalam membimbing, mendidik dan mengasuh putra-putrinya selama di SMK KAL-1. Oleh karenanya setelah punawiyata,  tugas tersebut  telah kembali kepada kedua orang tuanya masing-masing. 

   Menurutnya dengan kelulusan dari SMK KAL-1,  ini baru merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang yang penuh hambatan, tantangan, dan persaingan yang besar. Sebagai anak alumni SMK, Kepsek berharap, dengan life skill yang telah di miliki dan dengan perkembangan kehidupan akhir -akhir ini kalian mampu membuktikan bahwa alumni SMK KAL-1 adalah  ”Alumni yang tangguh, berkemampuan tinggi, dan mampu untuk mengatasi segala tantangan dunia usaha dan dunia industri sekarang ini” pungkasnya.  

    “Disamping itu pada saat ini  seluruh managemen sekolah sedang berbenah diri agar tidak kalah bersaing dengan sekolah lain, kedepan akan mengadakan perubahan mendasar,  bukan hanya tambal sulam. Berbagai perubahan perbaikan  dan penyempurnaan  tengah dan sedang dilaksanakan, sebagai perwujudan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, baik menyangkut aspek pendidikan maupun non pendidikan” paparnya.

   Pada penutupan pendidikan / purnawiyata , Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum  mengumumkan kepada 12 siswa yang berprestasi dalam kompetesi di 4 jurusan ( T ITL, TAV, TPM, TKR) serta 3 siswa peraih juara umum dimana mereka berhasil menorehkan nilai terbaiknya sejak di semester 1 hingga semester 6.  Peringkat juara umum 1 siswi Andi ahyono kelas XII TPM A, juara umum 2  Desfian Ilham Firmansyah kelas XII TPM A dan  S, Putri Danayanti kelas XII TAV

   Dalam kesempatan ini manajemen sekolah juga memberikan sumbangan dana pendidikan kepada 12 siswa anak yatim SMK KAL-1 yang berprestasi, pemberian sumbangan secara rutin dan bergilir di berikan kepada seluruh siswa anak yatim  yang jumlahnya mencapai 70 siswa lebih.

   Turut hadir dalam Purnawiyata beberapa pengurus Inti Yayasan Hang Tuag Cabang Surabaya , Ketua Komite SMK KAL-1,  serta beberapa Kepala Satuan Pendidikan ( Kasatdik) antara lain Kepsek SMP Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 1 dan SMA Hang Tuah 4 serta Kepsek SMK KAL-2. Tidak ketinggalan perwakilan  dari Dunia Usaha dan dari Dunia Industri

   Sebagai penutup purnawiyata dilaksanakan sesi foto bersama oleh seluruh  siswa bersama Kepala Sekolah, Kaprodi dan  wali kelas masing-masing secara bergantian dengan memastikan tetap mengutamakan Protokol keshatan selama kegiatan berlangsung dari awal acara hingga berakhirnya acara. ( F_10/Ahmad )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *