HEADLINE NEWS

Kategori

Persiapkan Penyelenggaraan Umrah di masa Pandemi Covid 19, Ka.Kanwil Tekankan Kesiapan Administrasi

 


BANJARMASIN | kabar24jam.com

Selasa, 23 November 2021.

    Bidang Penyelenggar Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Kalimantan Selatan menyelenggarakan Rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan umrah pada masa pandemi covid 19, Selasa (23/11/21) di Hotel Royal Jelita Banjarmasin.

   Menghadirkan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Kalsel, Rakor dilaksanakan sebagai bentuk koordinasi untuk menyamakan persepsi dalam menyiapkan penyelenggaraan umrah di masa Pandemi Covid-19.

   Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd disambutannya mengingatkan pengelola PPIU agar menyiapkan administrasi Jemaah umrah sesuai dengan ketentuan atau regulasi yang berlaku. 

   “Lihat aspek administrasinya, jangan sampai jamaah umrah kita bermasalah atau tertolak di Arab Saudi,” pesannya  kepada 80 peserta yang berasal dari 61 PPIU dan Kasi PHU pada Kantor Kemenag Kab/Kota se Kalsel.

  Penyelenggaraan Umrah dimasa Pandemi kata Tambrin berbeda dengan penyelenggaraan di masa normal, karenanya ia mengharapkan PPIU dan Kasi PHU pada Kemenag Kab/kota menyampaikan kepada Jemaah umrah terkait teknis pelaksanaan dan regulasi yang berlaku.

  Kebijakan satu pintu keberangkatan dan kepulangan melalui Asrama Haji Bekasi dan ondok Gede terang Tambrin harus disampaikan dengan jamaah umrah, termasuk untuk dana PCR jelang kepulangan diArab Saudi.

   “PCR di Arab saudi dilakukan rumah sakit dan doktor khusus dengan sertifikat khusus, ini harus diperhitungkan,” pesannya.

   Hal-hal tersebut kata Tambrin mungkin sepele, tapi penting untuk dikomunikasikan agar tidak terjadi permasalahan nantinya karena menyangkut standar di negara lain/ luar negeri.

   “Skema keberangkatan dan kepulangan wajib diikuti PPIU dan PPIU bertanggung jawab atas pelaksanaan Protokol Kesehatan,” pesannya.

   Mengakhiri sambutannya, Tambrin mengharapkan pengelola PPIU menyiapkan Jemaah umrah yang akan diberangkatkan sementara menunggu regulasi/ Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang penyelengaraan umrah diterbitkan.

   Rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan umrah pada masa pandemi covid 19 menghadirkan Kasi Lalu Lintas Keimigrasian, perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin dan GM angkasa Pura selaku narasumber.

   Adapun beberapa hal penting yang diperhatikan dalam pelaksanaan Umrah pada masa pandemi Covid 19 diantaranya:

1. Jamaah umrah melakukan screening kesehatan 1x24 jam sebelum berangkat ;

2. Pelaksanaan screening kesehatan meliputi pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan vaksinasi Covid-19, meningitis, dan pemeriksaan swab PCR;

3. Pengawasan pelaksanaan screening kesehatan dilaksanakanoleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes);

4. Pengawasan pelaksanaan screening kesehatan dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes);

5. Melaksanakan tes PCR sebelum keberangkatan dan kepulangan;

6. Sudah Vaksin dua dosis yang diterima oleh Arab Saudi;

7. Keberangatan dan kepulangan dengan satu pintu yaitu Asrama Haji Bekasi atau Pondok Gede;

8. Skema keberangkatan dan kepulangan wajib diikuti oleh PPIU dan jamaah Umrah;

9. PPIU bertanggung jawab terhadap pelaksanaan protokol kesehatan jamaah selama di tanah air, selama dalam perjalanan, dan selama di Arab Saudi demi perlindungan jamaah; 

10. Menunggu Regulasi final tentang teknis keberangkatan Umrah Pada Masa Pandemi yang akan tertuang pada Kepusan Menteri Agama RI. ( Yuday )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *