HEADLINE NEWS

Kategori

KRI Tarakan-905 dan Prajurit Kopaska Koarmada III Temukan KM Maju IX Terbalik Setelah Ditabrak MT New Global di Laut Aru



SORONG  |  kabar24jam.com

Senin, 01 November 2021.

   Kapal perang TNI Angkatan Laut, KRI Tarakan-905 dari Satuan Kapal Bantu Koarmada III yang sedang Operasi Siaga Tempur Laut di Perairan Laut Aru berhasil menemukan KM Maju IX dalam posisi terbalik setelah ditabrak oleh MT New Global di Laut Aru, Minggu (30/10/2021).  

  Selanjutnya, 1 tim Komando Pasukan Katak Koarmada III onboar KRI Tarakan-905 turun menggunakan sekoci karet dan berenang di laut yang sangat dalam menuju KM Maju IX dan menyisir seluruh kapal bagian, baik di bawah permukaan maupun di atas permukaan untuk mencari empat ABK yang belum ditemukan. 

   Pada kesempatan itu, Tim Kopaska Koarmada III menyelamatkan seekor anjing yang bertahan hidup di bagian kapal yang masih terapung dan memasang bendera merah untuk keamanan pelayaran. Selanjutnya akan ditarik ke wilayah yang aman. 

   Sebelumnya, kapal tanker MT New Global yang membawa muatan CPO menabrak KM Maju IX yang sedang menangkap ikan di perairan laut Kepulauan Aru, Dobo, Provinsi Maluku, sekitar 16 mil laut selatan Pulau Batu Goyang atau tepatnya pada posisi 07.13.201 LS - 134.10.960 BT, pada Jumat (29/10). Akibat ditabrak kapal tanker, KM Maju IX miring hingga akhirnya ditemukan terbalik. 

   KM Maju IX diawakil 32 ABK, 28 diantaranya telah ditolong oleh MT New Global dan dievakuasi oleh Kal Pulau Trangan ke Pelabuhan Dobo dalam keadaan selamat, Minggu (30/10/2021). Sementara KRI Tarakan-905 melanjutkan pencarian 4 ABK KM Maju IX yang belum ditemukan.

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P. ( F_10/Ahmad )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *