HEADLINE NEWS

Kategori

Kadis PMD Batola Buka Acara Pelatihan Pamsimas Di Banjarmasin

Moch. Azis kadis PMD Pemkab Batola


BANJARMASIN  |  kabar24jam.com

Rabu, 29 September 2021.

   Sebelum acara pembukaan pelatihan penguatan pemerintah desa dan kecamatan kerja sama Desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi program pamsimas tahun anggaran 2017 - 2021 kabupaten Barito kuala propinsi Kalimantan selatan.

Arip Mulyadi kepala Pasimas kab. Batola

   Awak media ini mengajak Moch. Azis kadis Pemberdayaan masyarakat desa kabupaten Barito kuala berbincang bincang seputar tentang bagaimana hubungan kades dengan program pamsimas ditempat berlangsungnya acara ini disebuah Aula hotel di Kota Banjarmasin selasa 28/9/21.

Saeraji kades jelapat 2 kec. Mekarsari Batola

   Dijawabnya,Adapun tujuannya dari pelatihan dengan melibatkan para kades yakni untuk mendorong agar para kades bersinergi dengan program pamsimas yang terdapat didesanya masing_ masing.Karena dengan adanya Pamsimas telah turut serta mensejahterakan dan mengatasi problema mengenai air minum yang menjadi salah satu kebutuhan primer.

   Selanjutnya Kata Moch.Azis mantan camat kecamatan Mekarsari sudah banyak program pamsimas yang dinilai berhasil seperti didesa Mekarsari,Desa purwosari baru dan didesa Jejangkit timur dan semuanya dikelola oleh BUMDES.Karena Bumdes ini adalah salah satu perusahaan milik Desa yang ruang cakupan kerjanya sangat luas sekali sebagai tambahan income desa.

   Masih menurut Moch.Azis, bahwa mulai 1 Oktober khususnya Desa dalam wilayah kabupaten Barito kuala akan memberlakukan Transaksi non tunai dengan sistim CMS ( Cash management system) semua jenis transaksi bahkan untuk gaji aparatur desa dengan Kadesnyapun menggunakan pola system ini.

     Komentar lainnya dalam waktu bersamaan awak media ini mengomentari Arip Muliadi selaku kepala kordinator program Pamsimas kabupaten Barito kuala konfirmasi mengenai banyaknya proyek pamsimas yang dinilai mubazir khususnya dalam wilayah Barito kuala,dijawabnya insaloh dgn adanya acara pelatihan semacan ini selama 3 hari kita akan mencari solusi dan kedepannya bisa berjalan dengan semestinya.

   Karena ini proyek Pamsimas yang sumber dananya dari APBN pusat.Apalagi di Barito kuala jauh beda dengan Kabupaten lainnya,karena di Batola sangat mudah memperoleh sumber air hanya saja PH nya yang terlalu rendah.

   Mengenai banyaknya Pamsimas yang tidak berpungsi karena adanya iuran bulanan,untuk pembelian bahan baku air sehingga bisa dikomsumsi oleh masyarakat tentu membutuh dana tapi itu jauh lebih murah dari tarip PDAM.dengan adanya pelatihan bertahap ini baru tahap 1 yang melibat 37 Desa pamsimas tahun 2017 sampai 2021.Dan untungnya lagi bagi Desa semua aset Proyek pamsimas didesa sudah ada wacana akan dijadikan Aset bagi desa itu sendiri untungkan desa kami selaku tehnis hanya sekedar membangunkannya saja pungkas Arip muliadi.

    Salah seorang kades Jelapat 2 Saeraji mengatakan pada awak media ini mengucapkan terimakasih dengan adanya acara pelatihan ini karena kami diberi ilmu supaya semua jenis usaha bisa dikelola oleh Bumdes berarti bisa menambah income bagi desa khususnya desa kami jelapat 2 kecamatan Mekarsari karena selama ini mati suri Bumdesnya (yuday)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *