HEADLINE NEWS

Kategori

Ivlog 2021 Yang Digelar FAN dan IKAL LEMHANAS PPRA 52 Hasilkan 20 Pemenang



JAKARTA  |  kabar24jam.com 

Rabu, 01/09/2021.

Dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, FORUM ALUMNI NUSANTARA (FAN) bekerjasama dengan IKAL LEMHANAS PPRA 52 menggelar kegiatan yang dinamakan Ivlog 2021. Lomba kreativitas membuat video blog (VLOG) ini digelar sepanjang bulan agustus 2021.


   Untuk IVLOG 2021 ini, tema yang diangkat adalah "Menjadi Generasi Indonesia Tangguh". Lomba ini mengajak partisipasi para anak muda Indonesia khususnya siswa/i SMP, SMA sederajat sebagai peserta lombanya.

    Menyadari bahwa ditengah masa pandemi covid-19 ini hampir semua kegiatan secara fisik dibatasi dan di kurangi. Kegiatan-kegiatan secara dominan dilakukan secara daring (online), penggunaan sosial mediapun semakin meningkat dan sebagai konsekuensinya, sosial media bahkan menjadi ruang penyebaran kabar bohong (hoax) dan juga paham radikalisme.

    Tujuan diselenggarakannya lomba ini adalah untuk mengajak para generasi muda mengisi waktunya dengan kegiatan positif yang bersifat menggugah kreativitas dan keterampilan digital dengan harapan dapat membekali dan menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme para remaja. 

   Sekaligus  harapannya dapat  menekan dan mencegah pengaruh radikalisme yang sedang marak berkembang di masyarakat. 

    Sejak pendaftaran dibuka pada akhir bulan Juli 2021 lalu, tercatat 352 orang pendaftar yang datang dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia. Setelah melewati proses kurasi yang dilakukan oleh 10 orang kurator yang berasal dari Forum Alumni Nusantara (FAN) serta IKAL Lemhanas PPRA 52, terseleksi sejumlah vlog yang harus melewati proses penjurian. Tim juri terdiri dari Purwa Caraka, musikus dan mewakili FAN, Dr. Yosefini Rasyanti Munthe, M.A Psi dari IKAL PPRA Lemhanas 52, aktor Dimas Beck, komika Musdalifah Basri serta aktor sekaligus youtuber Rey Bong.

   Sejak dibukanya pendaftaran, secara paralel juga dilaksanakan proses “pengayaan” oleh pihak panitia yang diberikan kepada sekolah-sekolah untuk guna memperkaya khasanah pengetahuan sekaligus pembekalan dan bimbingan bukan hanya para peserta ivlog namun juga kepada para siswa didik pada umumnya.

    Acara pengumuman pemenang dan awarding iVlog telah dilaksanakan secara daring pada hari Sabtu (28/8). Para juri memutuskan masing-masing 10 pemenang karya ivlog terbaik tingkat SMP sederajat serta 10 pemenang karya terbaik tingkat SMA sederajat. Suatu hal yang membanggakan bahwa hasil karya para peserta ini memberikan gambaran kepada masyarakat atas kecintaan serta kebanggaan anak-anak muda terhadap bangsa yang akhirnya diharapkan kelak dapat menjadi generasi Indonesia yang tangguh. Para pemenang masing-masing berhak atas hadiah berupa uang serta handphone.

   Merupakan suatu kebanggaan pula bahwa para peserta dan pemenang lomba ini datang dari berbagai kota di Indonesia serta berbagai macam latar belakang sekolah termasuk sekolah keagamaan.

    Berikut para pemenang lomba iVLog 2021 tingkat SMP sedarajat adalah :

1 . Kirei Bluna Alberta - SMAN 85 Jakarta.

2. Yohannes Maria – SMPK Santa Clara Surabaya.

3. Michelle Leony  - SMPK Santa Clara Surabaya.

4. Marshalllng Immanuel Angga Putra – SMP Providentia. 

5. Chelsi Annisa _ SMPN 28 Batam. 

6. Aris Afriza – SMP 2 Tj. Pandan.

7. Nala Ksatriaputri - SMP Dharma Karya UT, Tangsel.

8. Rafi Andhika – MTsN Madiun.

9. Lutfiah AI Fizki - SMPN 15 Cimahi. 

10. Leony Novelyta Purba - SMP Pematang Siantar.

Para pemenang lomba iVLog 2021 tingkat SMA sedarajat adalah : 

1. Imam - Sekolah Indonesia Makkah.

2. Joshua Mark Siahaan - SMA Fransiskus 2.

3. Dwi Puspita Sari SMA plus Ar-Raudah.

4. Hasti Fauza - Jombang

5. NI Putu Arma Yakeiswari - SMAN 1 Semarapura.

6. Putri Najma Erika Adli - SMAN 8 Badung

7. Melta Apprilia Santi - SMAN Unggulan 04.

8. Katherine Olivia Josephine - ASISI Jakarta. 

9. Meidiana Maulida - SMA Cinta Kasih Tzu Chi DUI Jakarta.

10. Siti Nilam Sari - SMAN 01 Tj. Raja.

   Forum Alumni Nusantara (FAN) merupakan sebuah komunitas yang telah menjadi wadah para alumni beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki kecintaan terhadap budaya, seni dan bangsa Indonesia serta senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.  

   Visi dari FAN adalah menjadi bagian dari masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI melalui budaya dan seni. Tergabungnya alumni dengan berbagai latar belakang keilmuan dan profesi diharapkan dapat menjadi sumbangsih kepada bangsa dan negara. 

   Sejak terbentuknya pada tahun 2019, FAN telah beberapa kali pula mengadakan event antara lain “Dialog Untuk Bangsa”, “Musik Untuk Bangsa”, “Lomba Cipta Lagu Anak Inklusi” serta beberapa kerja-bareng (kolaborasi) lainnya.

    Panitia iVlog 2021 dengan  penanggung jawab Marsda TNI Bapak Arif Mustofa dan ketua pengarah Bapak Agus Marsudi, serta Direktur Produksi IVLOG Ibu Dede Radinal, merupakan kerjasama antara IKAL Lemhanas PPRA 52 dan Forum Alumni Nusantara (FAN). Kegiatan iVlog 2021 ini didukung oleh BNI, Telkomsel, PT. Pos Indonesia serta media pendukung JPN, JakTV, Radio Mustang dan RRI

    Dengan suksesnya pelaksanaan lomba iVLOG 2021 ini, Ketua Panitia, Ibu Ida Parwati, dalam sambutannya berharap kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang dapat dilaksanakan setiap tahunnya sehingga dapat mendorong kreativitas remaja serta kecintaan terhadap bangsa dan negara. ( F-10/r )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *