HEADLINE NEWS

Kategori

Hiu Kecana Peringati Hari Jadinya Yang Ke-62



SURABAYA  |  kabar24jam.com 

Senin, 13/09/2021.

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, (13/09)

   Mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi memimpin upacara peringatan Hari Jadi Satuan Kapal Selam ke-62 yang digelar di Dermaga Kapal Selam, pada Senin (13/9). 

   Dalam upacara tersebut, pasukan upacara yang terdiri dari prajurit KRI, Satkopaska, Penyelam, dan Satsel berada dibawah komando langsung Komandan Satsel Koarmada II Kolonel Laut (P) Wirawan Ady Prasetya selaku Komandan Upacara. Sedangkan untuk Pengucap Sapta Marga dipercayakan kepada Letda Laut (P) Agam.

   Menurut Pangkoarmada II dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Irup, saat ini penambahan unit kapal selam dirasakan semakin mendesak mengingat kapal selam memiliki fungsi strategis baik di masa perang maupun disaat damai. Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah dan TNI AL secara berkesinambungan terus berupaya agar pelaksanaan pengadaan kapal selam baru berteknolongi tinggi segera dapat direalisasikan.

   Hingga saat ini lanjut  Pangkoarmada II, Satuan Kapal Selam memiliki 4 KRI yakni KRI Cakra-401, KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404 buatan Korea Selatan, serta KRI Alugoro-405 yang dibangun di PT.PAL Indonesia. Namun seiring upaya TNI AL memenuhi kekuatan armada kapal selamnya, kita diberi ujian dengan tenggelamnya KRI Nanggala-402 beserta 53 prajurit terbaik. Sehingga kini mereka berada dalam status On Eternal Patrol, menjaga laut Indonesia untuk selamanya.

   “Melalui upacara HUT Satuan Kapal Selam ke-62 tahun 2021 yang bertemakan “Satuan Kapal Selam Bangkit dan Tumbuh bersama Untuk Mengabdi Kepada NKRI”, saya instruksikan untuk melaksanakan setiap tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi serta selalu berpegang teguh kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Tri Sila TNI AL. Jaga kondisi kesamaptaan dan terus tingkatkan profesionalisme, guna menjamin pelaksanaan tugas secara optimal,” tegas Pangkoarmada II.

   Usai upacara, segenap tamu undangan yang hadir mengikuti acara syukuran yang berlangsung sederhana. Tampak terlihat mantan Kasal Laksamana TNI (Pur) Soeparno yang merupakan sesepuh kapal selam bersama beberapa sesepuh lainnya, kemudian Komandan Guspurla dan Guskamla Koarmada II, Komandan Kodikdukum Kodiklatal, dan para komandan Satuan di jajaran Koarmada II. Sebagai wujud rasa syukur di usia 62 tahun, tidak lupa dilaksanakan tradisi pemotongan tumpeng oleh Kaskoarmada II yang selanjutnya diserahkan kepada Letda Laut (P) Agam, perwira termuda di satuan dengan semboyan Wira Ananta Rudira ini.

Sumber : Kadispen Koarmada II.

Editor : F_10/Ahmad. 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *