HEADLINE NEWS

Kategori

ATR/BPN Pusat Kunjungi Barito Kuala Kalimantan Selatan

Foto Bersama Direktur PDM ATR/BPN RI Andry Novirianti


BARITO KUALA  |  kabar24 jam.com

Minggu, 12/09/2021.

   Suatu kebanggaan bagi masyarakat kabupaten Barito kuala Provinsi Kalimantan Selatan mendapat kunjungan dari kementerian ATR/BPN RI yakni Ir. Andry Novirianti Direktur bidang pemberdayaan tanah masyarakat.

  Dalam rangka investigasi melihat lahan yang telah memperoleh lokasi Redistribusi  dari kawasan. Ini adalah salah satu  tugas dari bidang yang sedang dijabatnya seluas 16258.973 Ha, terbagi  di tiga desa 3 yakni Desa Tinggiran darat, Desa Jelapat 2 dan didesa Mekarsari kesemuanya berada dalam wilayah Kecamatan Mekarsari Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.

   Dan pertemuan ini diadakan dirumah Humaidi selaku ketua kelompok maju bersama di desa tinggiran darat turut hadir Camat setempat,para kelompok pertanian (Gapoktan) Kades Sulaiman, Kades Tinggiran Darat dan Kades Desa Mekarsari, Yandi Perwakilan dari Desa Jelapat 2 serta Rombongan dari BPN ATR Kabupaten Batola dan dari Staf Kanwil serta Suhaimi mantan Kepala kantor ATR/BPN Barito kuala karena ketika 2 tahun yang lalu Dipontianak Kalimantan Barat ini permintaan dari Bupati Barito Kuala melalui Suhaimi sehingga terwujudlah Barito Kuala memperoleh pelepasan lahan Redistribusi dan paling banyak untuk dipropinsi Kalimantan Selatan.

   Untuk itu seusai acara awak media ini mengonfirmasi langsung dengan Staf kementerian  ATR /BPN Andry Novirianti selaku direktur Pemberdayaan tanah masyarakat,mengatakan,Ingin melihat langsung dari lahan Redistribusi disini apakah benar-benar berpotensi atau tidak, setelah saya melihat langsung dari berbagai paparan yang disampaikan oleh berbagai pihak yang berkompeten ternyata ini benar dan akan kita perjuangkan untuk tahap berikutnya supaya lahan seluas tersebut benar-benar jadi lahan produktif bukan jadi lahan tidur apalagi ini merupakan lahan yang terluas mendapatkan pors dari Kementerian ATR/BPN RI hal ini dikemukannya pada awak media ini kamis 9/9/21 di Desa Tinggiran Darat Batola.

     Dan awak media ini juga menkorfirmasi dengan Humaidi selaku tuan rumah dan selaku orang yang mengerti sejarah asal usul sehingga Batola bisa memperoleh pembebasan lahan seluas ini, dikatakannya,ini adalah berkat lobinya Ibu Bupati Barito Kuala kepusat melalui pak Suhaimi ditahun 2019 di Pontianak Kalimantan Barat dan membuahkan hasil sehingga kiita bisa bertemu dengan BPN pusat dengan Pak Andry Novirianti dirumah saya hari kami ini dan Kami mengucapkan terimakasih.

    Dan lahan ini terus kami garap dan berupaya menjadikan akan menjadikan Lahan centralnya perkebunan nanas ,akan melestarikan sejarah bahwa Nanas itu dari Desa-Desa kamilah asal usulnya,terlebih lagi Yang namanya Nanas Bangka memang dibawa dari propinsi Bangka Belitung dahulunya termasuk dalam wilayah propinsi Sumatra selatan sebelum dimekarkan.

   Dan orang yang membawa bibit Nanas bangka yang manis besar ini adalah tetangga saya kata Humaidi tapi sudah Almarhum. 

  Komentar dari camat setempat Hikmatullah mengatakan, terimakasih kepada pak direkrur dan rombongan kami pihak Pemkab Batola optimis semua lahan akan tergarap tapi yang masih menjadi problema kurang tersedianya peralatan seperti Excapator. ini akan kami  duduk bersama cari jalan untuk keluar dari permasalahan ini semoga dengan terexsposnya berita ini ada pihak Investor mau berinvestasi di bidang perkebunan nanas.

   Apalagi buah nanas dari Mekarsari sudah terkenal dari masa ke masa dan harganyapun sangat menjanjikan untungnya pungkas Drs. Hikmatullah Camat Mekar Sari ini. (Yuday)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *