HEADLINE NEWS

Kategori

TNI AL Kembali Kerahkan KRI Semarang-594 Atasi Stock Oksigen Medis di Provinsi Riau



RIAU  |  kabar24jam.com 

Jumat, 20/08/2021.

   TNI AL kembali mengerahkan unsur Koarmada I, KRI Semarang-594 dalam pemenuhan suplai Oksigen  medis guna membantu daerah-daerah yang kekurangan Oksigen untuk kebutuhan medis yang akan disalurkan kepada Rumah Sakit yang menangani pasien Covid-19 di Dumai, Provinsi Riau. Jumat (20/8/21).

   Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., yang langsung melakukan inspeksi dalam pelaksanaan operasi kemanusian tersebut mengatakan bahwa TNI AL akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu daerah-daerah yang kekurangan suplai Oksigen sesuai yang telah diinstruksikan oleh pimpinan TNI AL, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yakni mendukung pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 dengan mengerahkan potensi yang dimiliki TNI AL baik menggunakan alut sista ataupun melalui pangkalan TNI AL utamanya di wilayah kerja Koarmada I.

   "Kehadiran KRI Semarang-594 di Dumai-Riau sebelumnya telah melalui  permohonan resmi dari Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar M.Si., kepada Panglima TNI yang ditindaklanjuti Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan mengerahkan KRI Semarang-594 yang beberapa waktu kebelakang telah mendukung ketersediaan pasokan Oksigen untuk keperluan medis di Belitung" terangnya

   "KRI Semarang-594 sendiri merupakan kapal perang berjenis Landing Platform Dock LPD kelas BRS (Bantuan Rumah Sakit) buatan anak bangsa yaitu PT. PAL Indonesia Surabaya,  Kapal ini masuk kedalam unsur jajaran Koarmada I dan difungsikan sebagai kapal rumah sakit yang dilengkapi dengan generator oksigen yang mampu memproduksi oksigen secara mandiri sebanyak 75 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam" jelas Pangkoarmada I

   "Dengan hadirnya KRI Semarang-594 dalam mendukung ketersediaan kebutuhan dan stok Oksigen medis diharapkan dapat membantu dalam penanganan dan perawatan pasien yang terpapar Covid-19 di Wilayah Riau (Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti)" lanjutnya

   "Gubernur Provinsi Riau, Bapak Drs. Syamsuar, M.Si., beserta FKPD Provinsi Riau dan Kota Dumai tadi telah bersama-sama meninjau secara langsung proses pengisian tabung oksigen yang telah dimulai sejak senin lalu setibanya KRI Semarang-594 di Dumai" pungkasnya.

   Melalui Pangkalan di jajaran Koarmada I, TNI AL juga menggelar kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan kedatangan KRI Semarang-594 yakni serbuan vaksinasi terhadap masyarakat maritim dimana TNI AL bekerjasama dengan TNI-Polri di Wilayah Provinsi Riau, KKP, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah setempat dalam dua hari pelaksanaan vaksinasi mentargetkan 1000 orang dapat menerima vaksin. Selain itu juga dilaksanakan bhakti sosial donor darah yang bekerjasama dengan PMI dan Pembagian sembako kepada masyarakat guna meringankan beban pada masa pandemi.

   KRI Semarang-594 sendiri telah memulai kegiatan pengisian tabung oksigen mulai Senin (16/8) lalu telah berhasil mengisi 51 tabung kapasitas 6000 m3 yang disalurkan pemerintah daerah gunaenjaga ketersediaan pasokan oksigen medis dalam penanganan pasien Covid-19. ( Wil )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *