HEADLINE NEWS

Kategori

Kejatisu Teliti Kelima Berkas Tersangka Perkara Daur Ulang Alat Swab Antigen di KNIA

Dr. Sugeng Riyanta SH. MH


MEDAN  |  kabar24jam.com 

Jumat, 13/08/2021.

   Tim Penuntut Umum Kejati Sumatera Utara sedang meneliti berkas kelima tersangka perkara daur ulang alat Test Swab Antigen di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut.

   "Saat ini tim jaksa sedang meneliti berkas kelima tersangka yang merupakan karyawan dari PT Kimia Farma Diagnostika tersebut," sebut Asisten Pidana Umum Kejatisu, Dr. Sugeng Riyanta SH. MH kepada wartawan melalui telephon selulernya Jumat (13/08/21), pukul 11.00 Wib.

   Dikatakannya, penelitian dilakukan untuk melihat berkas perkara yang dilimpahkan penyidik Poldasu. Kami meneliti atau memeriksa berkas perkara tersebut apakah syarat formil dan materil sudah terpenuhi atau tidak. Jika tidak maka akan dikembalikan lagi kepada tim penyidik diikuti dengan petunjuk," ucap Aspidum Kejati ini.

   Adapun berkas para tersangka yang dilimpahkan kepada jaksa diantarnya, PM, DJ, SP, MR dan RN. Dimana PM menjadi otak pelaku dalam perkara tersebut. Sebagaimana disebitkan dalam perkara ini Poldasu telah menetapkan lima tersangka. 

   Dalam Konfrensi persnya, Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra, Kamis (29/04/21), kemarin menyebutkan dari kelima tersangka, PM merupakan pelaksana tugas kepala cabang laboratorium Kimia Farma Medan berperan menyuruh melakukan penggunaan lidi kapas atau biasa disebut cutton bud swab antigen bekas.

   Sedangkan, peran tersangka lainnya yakni SR berperan sebagai pengangkut cutton bud swab antigen bekas yang telah diolah dan dikemas ulang serta membawanya dari Bandara Kualanamu ke laboratorium Kimia Farma.

   Lalu, DJ, berperan melakukan daur ulang cutton buds swab antigen bekas menjadi seolah-olah baru. Kemudian, MR, berperan yang melaporkan hasil swab test (tes usap).

   "Sedangkan, RN, berperan sebagai admin hasil tes usap antigen di posko pelayanan pemeriksaan Covid-19 Kimia Farma Bandara Kualanamu," jelasnya. ( A-06 )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *