HEADLINE NEWS

Kategori

Wabup Batola H, Rahmadi ST Bekali Para Kades Terpilih

Yuday bersama Wabup Barito kuala Kalsel


BANJARMASIN  |  kabar24jam.com 

Sabtu, 10/07/2021.

Ratusan kades asal Batola di sembilan kecamatan diberi pelatihan Pratugas oleh Wakil Bupati (Wabub) Rahmadian Noor di salah satu hotel di Banjarmasin, Jumat (9/7/2021) untuk tahap pertama.

 Yuday kabar24jam.com danWakil Bupati Barito Kuala (Batola) Rahmadian Noor memberikan selamat kepada 163 Kepala Desa (Kades) yang dilantik pada tgl 29 Juni 2021 baru baru tadi. Selanjutnya mengawali tugas mereka, dilakukan pembekalan pratugas agar dapat memajukan desanya tanpa ada masalah hukum.

Drs. Hikmatullah Camat Mekar Sari Barito Kuala

    Ratusan kades itu dari 91 desa di sembilan kecamatan dari sebanyak 17 kecamatan yang merupakan pilkades tahap pertama di Batola. Diantaranya Kecamatan Kuripan, Tabukan, Bamban, Cerebon, Rantau Bedauh, Tabunganen, Mekarsari, Barambai.

Para Kades Barito Kuala

   Bertempat di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Dia menambahkan kepada kades yang berhasil merebut hati masyarakatnya agar kembali mempersatukan warganya melalui silaturahmi.


“Meski ada riak sedikit namun tidak sampai ada gangguan hukum. Ini berarti warga desanya Cinta damai, “terang Rahmadian Noor.


Terkait sejumlah 163 kades

Ini artinya adalah orang yang terbaik yang dipercaya masyarakat membangun desanya. “Dari ratusan kades itu sebanyak 60 persen wajah baru atau sebanyak 98 orang, kemudian 40 pesen incumben atau 65 orang.


Sedangkan diantara ratusan kades itu sebelumnya empat orang adalah wanita kades,kini bertambah menjadi 12 perempuan. “Ini menandakan pemimpin perempuan tidak kalah dengan laki-laki.


Bahkan ada kades tiga periode menjabat, namun kades itu istirahat dulu pada pilkada ketiga akan tetapi maju kembali menjabat pada pilkades ada 24 orang. “Jadi kepada kades baru, diminta mesti belajar kepada kades tiga periode itu. Selanjutnya tugas kades yang paling krusial sebagai pemimpin orang yang dituakan, meski usia masih muda, “ingatnya.



 

Meski sebelumnya waktu pilkades lalu masyarakat sempat terbelah-belah karena saling mendukung calonnya. Untuk itu kades diminta menjalin silaturahmi dan jangan gengsi mendatangi calon kades yang kalah.


“Jadi sebelum melaksanakan program, terlebih dulu eratkan dulu silaturahmi dengan seluruh warga agar dukungan gotong royong terbantu di semua bidang ,”ingatnya.


Dia mengingatkan, jangan sampai kades berurusan dengan hukum seperti yang telah terjadi pada salah satu desa, karena timsesnya atau janji tak terpenuhi. Hingga proyek jalan yang tidak selesai, “ujarnya.


Selanjutnya terkait Rencana Penyusunan Jangka Menengah (RPJM) Desa mesti dapat terukur dengan kemampuan dana desa. Misalnya janji jalan desa siap akan diaspal seluruhnya, dijanjikan selesai tahun depan selesai. Padahal panjangannya 10 km, karenanya jelas tidak mungkin dilaksanakan.


“Tak hanya jalan antar kecamatam mesti terkoneksi, tetapi juga jalan desa yang jauh atau belum koneksi ke pusat desa harus diperhatikan, “tutur Rahmadian.

Sebaiknya pelaksanaan pembangunan bertahap dan berkelanjutan. Disamping itu juga Visi misi kades mesti searah satu kata satu tujuan , artinya harus bersatu dalam membangun desa

Ada empat hal makna Satu Kata Satu Tujuan itu yakni di dalamnya, pertama integrasi wilayah dapat terkoneksi infrastruktur jalannya. Kedua, bentuk sekolah PAUD dan sediakan bidan agar angka kematian ibu dan anak nihil atau zero.


Selanjutnya kades harus membentuk Badan Usaha Desa (BUMDES)sesuai Sumber Daya masing-masing.

Gunakan Tim Pelaksana (TPK) selaku kontraktor sehingga kades dapat mengawasi kekurangan dan terhindari dari jerat hukum tindak pidana korupsi. Kemudian kades jangan pegang uang tunai dalam jumlah banyak dan lebih baiknya diserahkan ke bendahara.


Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Moch. ABdul Azis melaporrkan, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam dua hari hingga Minggu nanti.


Mantan Camat Mekarsari ini menjelaskan, dengan pratugas ini supaya jangan sampai kades membuat kesalahan hingga harus berurusan dengan hukum.

Kades diminta buat rekening Bank Kalsel, hingga selain efisiensi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Dengan pembekalan ini, diharapkan sebagai langkah pertama dalam bertugas selama menjadi kades. “Untuk sementara perangkat desa sebaiknya jangan diganti dulu.


Kadis PMD Batola ini berpesan agar kades mesti menjadi suri tauladan warga, sebab kades adalah publik figur yang jadi panutan masyarakat setempat.Seusai acara awak media ini berhasil bincang bincang dengan Wabup Rahmadi yang akrab disapa, apa yang menjadi rahasia sehingga hubungannya dengan Bupati selalu harmonis ,dijawabnya karena saya harus sadar diri posisi wakil jangan kita hanya sebagai wakil tapi melebihi Bupati. Kalau seperti ini adalah ciri ciri pertanda akan buruknya hubungan harmonis tersebut Lihatlah banyakkan antara bupati dengan wakil,antara gubernur dengan wakil kurang lagi harmonis padahal sebelumnya bak sepasang merpati.

   Ditambahkan wakil Bupati Barito kuala propinsi Kalimantan selatan yang akrab dengan insan pers ini,ketika ditanya tentang pencalonannya yang akan datang kita mengacu pada pileg th 2024 mendatang berapa perolehan kursi didewan bertambahkah dari 16 orang atau berkurangkan belum tahu dari 35 kursi legislatif Batola ini yang akan diperebutkan karena Pileg dibulan februari sedangkan pilkadanya dibulan september pungkasnya (yuday)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *