HEADLINE NEWS

Kategori

Pelatihan Dan Sertifikasi Dasar Pilot Drone XXXII Tahun 2021 Di Lanud Soewondo



MEDAN  |  kabar24jam.com 

Sabtu, 31/07/2021.

   Federasi Aero Sport Daerah(Fasida) Sumatera Utara menyelenggarakan Kursus Dasar Pilot Drone ke-32 Tahun 2021 secara online yang dibuka secara langsung oleh Sekjen PB FASI Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto, M.B.A., M.Si(Han)., Sabtu (31/7/2021).

   Federasi Aero Sport Indonesia (FASI)  adalah sebuah organisasi olahraga dirgantara di Indonesia. FASI didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 17 Januari 1972 untuk membina, mengembangkan, mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan olahraga dirgantara segenap warga negara Indonesia di manapun berada, serta segenap olahragawan dirgantara di seluruh wilayah Republik Indonesia.

  Sekjen PB FASI Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto, M.B.A., M.Si(Han)., berharap pelatihan dan sertifikasi Pilot Drone  dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap regulasi penerbangan maupun prosedur terbang dan penggunaan wilayah udara.

   Selanjutnya Sekjen PB FASI juga menjelaskan beberapa materi yang akan diberikan kepada peserta pelatihan dan sertifikasi pilot drone diantaranya keterampilan terbang dan prosedur pengoperasian drone (pesawat nirawak) serta mendalami Aeronautical Knowledge (pengetahuan penerbangan) yang merupakan materi wajib sesuai CASR 107 tentang pesawat nirawak.

   "Materi wajib ini meliputi Ground School Basic Drone, Flying Training, CASR 61/91, CASR 107, Airport Operation, Aerodynamics, Risk Assessment, Meteorology, Aeronautical decision making dan materi-materi lain sesuai dengan Permenhub Nomor 163/2015 dan Permenhub Nomor 37/2020 tentang Pengendalian Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) di Indonesia”, terang Sekjen PB FASI.

   Selanjutnya Danlanud Soewondo Kolonel Pnb J.H Ginting, S.Sos dalam sambutanya mengapresiasi kepada seluruh panitia dan peserta sertifikasi Pilot Drone yang cukup antusias dimana kondisi pandemi covid-19 yang masih berlangsung tetapi kegiatan dapat berlangsung.

   “Saya sebagai Ketua FASIDA Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan dan sertifikasi  Pilot Drone secara online di Sumatera Utara, serta saya berharap para peserta  dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius sehingga kita dapat mengetahui dan memahami tentang peraturan penerbangan”, jelas Danlanud.

  Pada kegiatan pagi hari ini, bertindak sebagai pemateri salah satunya adalah Paban II/Spotdirga Kolonel Pnb Agung Sasongkojati yang menjelaskan materi tentang Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

   “Keselamatan Penerbangan yaitu suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan dalam pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, Bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, serta fasilitas penunjang dan fasilitas umum lainnya”,ujar Kolonel Pnb Agung.

   Berdasarkan data yang terkumpul dari panitia, sebanyak 48 peserta mengikuti kegiatan pelatihan dan sertifikasi Pilot Drone. Selanjutnya, para peserta akan mengikuti pelatihan selama tiga hari dengan mendapatkan materi secara online dan praktek lapangan. Selanjutnya, diakhir kegiatan nanti akan dilaksanakan ujian secara tulis dan praktek. Setiap peserta diwajibkan untuk lulus ujian untuk mendapatkan sertifikasi Pilot Drone. (AViD)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *