HEADLINE NEWS

Kategori

Kajari Batola Jadi Nara Sumber Diacara Pratugas Kades Baru Bertempat Di Banjarmasin

para kades Baru  peserta pratugas di Auditorium hotel Barito Banjarmasin


BANJARMASIN  |  kabar24jam.com 

Minggu, 18/07/2021.

   Panitia penyelenggara acara pembekalan pratugas untuk kades terpilih ini diprakarsai oleh seorang ketua Asosiasi kades se kabupaten Barito kuala, yang bernama Trisno subroto yang akrab dipanggil sehari - harinya adalah Trisno dan beliau adalah Sekretaris desa (Sekdes) didesa Sumber Rahayu Wanaraya Barito kuala sejak tahun 2015 yang silam sampai sekarang.

Kajari Barito kuala Kalimantan selatan (silalahi)

   Sedangkan kadesnya bernama Ibrahim kembali maju mencalonkan diri tapi tidak terpilih lagi oleh warganya di periode tahun 2021 sampai th 2027. Karena kepiawaian Trisno bersama Kadis PMD MOCH.AZIS selaku penanggung jawab atas kesuksesan acara ini dan sangat meriah karena diisi oleh nara sumber yang berkompeten dan trampil punya cakrawala yang luas dan cemerlang dan menguasai materi tanpa lihat teks. 

Trisno pemangku acara

  Diantara nara sumber yang dipilih itu yakni Bupati Normilyani, dan Rahmadiannor wakil Bupati Barito kuala, Dandim diwakili oleh Kasdim, Kapolres diwakili oleh Kasatreskrim dan kajari Barito kuala yang akrab disapa Silalahi Dalam penjelasan kajari Batola,Silalahi mengambil judul, "PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI DALAM PELAKSANAAN DANA DESA"

Kades Sayuti

   Korupsi berasal dari bahasa latin COORUPTIO _PENYUAPAN. Kata cooruptio itu berasal pula dari kata asal CORRUMPORE _Merusak, suatu kata laten yang lebih tua. Dari bahasa latln itulah banyak turun ke bahasa Eropa seperti dalam bahasa Inggris, Prancis dan bahasa Belanda dari bahasa Belanda inilah "korruptie"ini turun menjadi bahasa Indonesia yaitu korupsi. Arti harafiah dari kata korupsi adalah dapat berupa kebusukan, keburukan, kebejatan, ketidakjujuran, dapat disuap,tidak bermoral, penyimpangan dari kesucian (The Lexicon webster Dictionary).

  Selanjutnya kata kajari dihadapan para peserta acara ini, dapat disimpulkan bahwa korupsi ialah perbuatan yang buruk seperti penggelapan uang,penerimaan uang sogok dan sebagainya. Menurut pakar Soedarsono menyimpulkan bahwa korupsi adalah penyelewengan atau penggelapan uang negara atau perusahaan sebagai tempat seseorang bekerja untuk kepentingan pribadi atau orang lain.Adapun UU yang mengatur tentang korupsi.

1.UU NO.31 TAHUN 1999 JO NO .20 TH 2001

2.UU NO.8 TAHUN 2010

3.UURI NOMOR 28 TH 1999 

   Selanjutnya ketika sampai disisi tanya jawab Ruang aula Hotel Barito Banjarmasin ini menjadi hidup kembali karena banyak para Kades yang bertanya dengan kejari silalahi. Yakni salah seorang peserta H.Sayuti kades Anjir seberang pasar kecamatan anjir pasar Batola yaitu mengenai minta tambahkan gaji kami selaku pembakal (kades) karena banyaknya tanggung jawab pekerjaan yang diemban kurang lebih semilyar ini ketika adanya proyek pisik pekerjaan sedangkan gaji kami totalnya tidak sampai 5 juta Bolehlah pak kajari kami ambilkan honor dari pos item itu.?? Dijawab oleh kajari adalah berbunyi didalam UU peraturan Desa yang memperbolehkannya? dan kalau tidak ada didalam peraturan tersebut cukup dan tidak cukup gaji kepala Desa ya dicukupkan dan siapa yang menyuruh bapak_bapak jadi kepala desa ini jawaban pak Silalahi disambut tepuk tangan meriah oleh semua peserta pra tugas kades se Barito kuala propinsi Kalimantan selatan yang acara ini diselenggarakan dengan pola dua gelombang yaitu gelombang pertama dari tanggal 9 juli sampai 11 juli dan gelombang kedua dari tanggal 16 juli sampai 18 Juli 2021 hari ini minggu penutupan berakhirnya. (Yuday)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *