HEADLINE NEWS

Kategori

Untuk Mengukur Kemampuan Lantamal I Menerima Tim Kolat Koarmada I Dalam Penilaian Uji Terampil Glagaspur Pangkalan



BELAWAN  |  kabar24jam.com

Senin, 07/06/2021.

   Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) Belawan melaksanakan acara pembukaan Penilaian Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2 oleh Tim Kolat Koarmada I digedung R. Mulyadi Mako Lantamal I Senin, (07/06/2021) .

   Tim Kolat Koarmada I yang langsung di pimpin oleh Komandan Kolat Kolonel Laut (P) Teguh Prasetya, S.T., M.M. beserta Danpuslat Pasrat Letkol Mar Helmi Ardiansyah,  S.T., M.T.  dan Mayor Laut (P) Jaswadi Kadep EMB & DEB Puslat Pasrat serta 4 orang anggota akan melaksanakan penilaian Uji terampil Glagaspur Pangkalan tingkat 1/P-1 dan tingkat 2/P-2 di Mako Lantamal I.

   Dalam sambutannya Komandan Kolat Koarmada I menyampaikan tugas pokok Pangkalan TNI Angkatan Laut adalah menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur satuan dan kotama TNI AL serta melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim menjadi kekuatan Pertahanan Keamanan Negara di laut dan tugas-tugas lainnya. Dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut Pangkalan TNI AL dituntut untuk memiliki kemampuan Dukungan Logistik dan Administrasi, kemampuan Pembinaan Intelijen, kemampuan Pengamanan Laut, kemampuan Pertahanan Pangkalan dan K4IPP, untuk mengukur dan menilai tingkat kesiapan pangkalan dalam mencapai tugas yang diembannya diperlukan evaluasi secara bertingkat dan berlanjut.

   Penyelenggaraan uji Glagaspur Pangkalan tingkat P-1 dan P-2 merupakan salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan pangkalan TNI AL. Uji terampil Glagaspur pangkalan Tk 1/P-1 dititikberatkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan/persenjataan masing-masing bagian.

   Sedangkan uji terampil Glagaspur Tk 2/P-2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. 

   Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapsiagaan dan profesi tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkat tingkat kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan.

   Dalam hal ini Komandan Lantamal I Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, S.E., CHRMP, juga menyampaikan  sambutan bahwa latihan merupakan sarana untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, baik individu prajurit maupun satuan, peningkatan kemampuan ini harus dibina serta dikembangkan secara terprogram dan berkesinambungan.

   "Kemampuan Lantamal I dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya akan tercermin dalam pelaksanaan uji terampil P-1 dan P-2 ini. Oleh karena itu, saya selaku pejabat baru Komandan Lantamal I meminta kepada Tim Kolat Koarmada I untuk melaksanakan pengujian dan mengevaluasi, sejauh mana kesiapan operasional Lantamal I sesuai dengan standart kemampuan yang telah ditetapkan guna menghadapi perkembangan situasi yang mungkin terhadi," ujar Danlantamal I.

   Danlatamal I juga  berharap adanya saran dan masukan dari Tim Penguji Kolat Koarmada I, agar kemampuan dan profesionalisme jajaran Lantamal I dapat menjadi lebih baik guna mewujudkan kejayaan TNI Angkatan Laut.

   "Kepada seluruh jajaran Mako Lantamal I saya perintahkan untuk melaksanakan kegiatan uji terampil ini dengan sungguh-sungguh dengan kemampuan yang seharusnya dimiliki, serta jalin kerja sama yang baik dengan Tim Kolat Koarmada I, sehingga tujuan dari uji terampil P-1 dan P-2 ini dapat terwujud sesuai harapan kita," perintah Danlantamal.

   Kemudian Danlantamal I membuka  dengan mengucapkan "Pada hari ini Senin tanggal 7 Juni 2021 pukul 10.00 WIB Latihan uji terampil Pangkalan P-1 dan P-2 dengan resmi saya nyatakan *Dibuka* semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian yang terbaik kepada negara dan bangsa Indonesia," pungkasnya. (Wil/Dispen Lantamal I)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *