HEADLINE NEWS

Kategori

Meskipun Saksi Ada Hubungan Kerja Dengan Terdakwa Edi, Hakim Tetap Sumpah

Majelis hakim yang menyapah saksi.


MEDAN  |  kabar24jam.com 

Selasa, 15/04/2021.

   Saksi H. Fachruddin merupakan saksi Adecharge ( saksi yang meringankan ) untuk kepentingan terdakwa Edi Suswanto Sukandi alias Ko Ahwat Tango (48) warga Komplek Jati Mas Blok C, Kecamatan Medan Perjuangan yang dihadirkan Tim Penasehat Hukum terkait perkara pembunuhan terhadap korban Jefri Wijaya alias Asiong, Senin (15/06/2021).

Saksi H. Fachruddin memberikan keterangan

   Ternyata ada hubungan kerja dengan terdakwa Ko Ahwat, sebab menurut H. Fachruddin bekerja di cafe Nusantara sebagai Penanggung Jawab. Sedangkan Terdakwa Ko Ahwat selaku ouner nya. Aneh nya lagi terjadi di ruang sidang saat akan memberikan kesaksiannya, H. Fachruddin Disumpah oleh hakim didepan persidangan.

Muslim Muis Praktisi Hukum

   Ketika ditanyakan hal penyumpahan terhadap saksi H. Fachruddin yang memiliki hubungan kerja dengan terdakwa Ko Ahwat kepada hakim ketua majelis mengatakan " Saksi boleh disumpah, emangnya kenapa baca KUHAP, " Sebut Hakim Jarihat Simarmata kepada wartawan dan menambahkan "Tidak ada larangan tahu".

 " JPU Tidak Keberatan "

   Sementara JPU Nelson dari Kejatisu ketika ditanya hal yang sama mengatakan, saksi dan terdakwa ada hubungan famly, sehingga saksi dijadikan Penanggungjawab di cafe Nusantara. Ketika ditanya lagi tentang tidak adanya keberatan JPU terhadap disumpahnya saksi, JPU malah berkelit sambil mengatakan," saya Hanya ingin memastikan dari keterangan saksi keberadaan Koptu Suhelmi dan Andi Alias Aan di Cafe Nusantara pada malam itu, "beber Nelson.

   Ketika kembali dipertanyakan lagi oleh wartawan pada Nelson boleh disumpah saksi yang ada hubungan kerja dengan terdakwa, JPU tersebut terdiam. Kenapa Abang selaku JPU membawa kepentingan korban, Kog malah nonton aja, gak ada keberatan. Nelson pun bergegas pergi menuju lobby pengadilan.

   Sehubungan dengan penyumpahan saksi tersebut didepan persidangan oleh hakim, Praktisi Hukum Muslim Muis mengatakan, seharusnya JPU dan Majelis hakim tahu itu tidak boleh dilakukan penyumpahan terhadap saksi tersebut. Sebab kapasitas saksi adalah Adecharge dan punya hubungan pekerjaan pula dengan terdakwa.

   Menurut Direktur Pushpa itu, di KUHAP udah dijelaskan itu, saksi tidak boleh disumpah saat akan memberiketerangan didepan persidangan, ada hubungan kekeluargaan dengan terdakwa. Lalu ada hubungan kerja dengan terdakwa. Karna kapasitas saksi dalam memberi keterangan sudah pasti berpihak, Tandas Advokat Kondang ini.

   Ketika ditanyakan kembali, ini tadi saksi sudah disumpah oleh hakim dihadapan JPU dan Tim PH terdakwa didepan persidangan." Sambil tertawa kecilenyirih wartawan Baca KUHAP aja bang. 

   Saksi Adecharge Haji Fachruddin warga Panglima Denai Medan amplas ini saat diperiksa keterangannya hanya mau menjelaskan bahwa terdakwa marah- marah pada beberapa orang di cafe itu untuk menyuruh  bawa ke rumah sakit. Sambil meninggalkan tempat duduknya ke depan Cafe sambil mengeluarkan dompet. 

   Selain itu hanya ingin mengetahui keberadaan Koptu Suhelmi dan Andi Alias Aan. Saksi juga dalam keterangannyaemgakui bekerja di Cafe sebagai Penanggung Jawab Cafe Nusantara. Sedangkan ouner nya terdakwa Edi Suwanto Sukandi alias Ko Ahwat Tango. 

   Saksi sehabis shalat malam dihubungi Edi untuk datang ke cafe tersebut. Kebetulan saksi tinggal diseberang cafe. Ketika sampai di cafe, saksi melihat orang sudah rame orangnya Edi. Edi sedang ngobrol sama seorang Chines ldengan bahasa hokian.

   Kemudian Edi bangkit dari tempat duduknya lalu marah - marah lalu menyuruh bawa kerumah sakit kepada orang yang rame di cafe tersebut. 

  Sepengetahuan saksi Edi pilot pesawat ambilan. Saksi kenal dengan Koptu Suhelmi malam itu ada di cafe.

   Usai memberikan kesaksian, H. Fachruddin  langsung meninggalkan PN Medan, tak mau diwancarai oleh media. Selanjutnya Majelis hakim menunda sidang hingga Kamis untuk pembacaan Tuntutan dari JPU. ( A-06 )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *