HEADLINE NEWS

Kategori

100 Hari Kerja : Slogan Jangan Sekedar Janji Saat Kampanye



HUMBAHAS  |  kabar24jam.com 

Senin, 14/06/2021.

   Tepat pada Selasa, 23 Februari 2021 Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan periode 2020-2024 di lantik. Bupati Dosmar Banjarnahor, S.E dan Wakil Bupati Oloan Paniaran Nababan, S.H, M.H dilantik di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara. Acara pelantikan pun berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

   Menilik perjalanan 100 Hari Kerja Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Oloan Paniaran Nababan, Forum Mahasiswa Peduli Humbang Hasundutan mengapresiasi kinerja eks ajudan Pangkostrad Edy Rahmayadi yang kini menjadi Gubernur Sumatera Utara ini. Menurut Amudi Lumbantoruan, Ketua Forum Mahasiswa Peduli Humbang Hasundutan, wakil bupati humbang hasundutan telah menjalankan tupoksinya sebagai wakil bupati dengan baik. Membenahi humbang hasundutan adalah kerja yang harus dilakukan secara kontiniu dengan mengedepankan aspek Good Governance. Terang Amudi kepada kabar24jam.com lewat keterangan tertulisnya pada Senin,  14 Juni 2021. 

   Lanjutnya, tata kelola pemerintahan yang baik harus dimulai dari kebijakan dan kinerja pemimpin yaitu Good Governance dan Clean Governance. Bapak oloan sudah lakukan itu. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa pemerintah daerah dalam membangun serta menciptakan pelayanan, peran serta masyarakat, prakarsa dan pemberdayaan masyarakat yang pada akhirnya bertujuan pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Sejalan dengan prinsip tersebut dilaksanakan pula prinsip otonomi yang nyata dan bertanggung jawab sesuai dengan potensi dan kekhasan daerah. Kita bisa melihat sesuai pasal 26 UU No 32 Tahun 2004, kepala daerah mempunyai tugas sebagai berikut : membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah, membantu kepala daerah dalam mengkoordinasikan kegiatan instansi vertikal di daerah, menindaklanjuti laporan dan/atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan, melaksanakan pemberdayaan perempuan dan pemuda, serta mengupayakan pengembangan dan pelestarian sosial budaya dan lingkungan hidup, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan kota bagi wakil kepala daerah provinsi, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan, kelurahan dan/atau desa bagi wakil kepala daerah kabupaten/kota, memberikan saran dan pertimbangan kepada kepala daerah dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintah daerah, melaksanakan tugas dan kewajiban pemerintahan lainnya yang diberikan oleh kepala daerah, dan melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah berhalangan.

   Selain itu, pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) belum mampu ditangani dengan baik oleh pemerintah kabupaten humbang hasundutan, terlihat dari kinerja gugus tugas covid 19 yang belum maksimal, kelengkapan alat medis di RSUD Dolok Sanggul. Kita belum melihat adanya koordinasi yang baik di tubuh pemerintah kabupaten. 

   Lanjut amudi, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, pemerintah terus berupaya melakukan terobosan melalui pengembangan kawasan food estate hortikultura berbasis korporasi. Saat ini lokasi pengembangan dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Food estate di kabupaten humbang hasundutan, terdapat tiga area food estate dengan keseluruhan luas 785 ha, yakni di Hutajulu 120,5 ha, di Desa Ria Ria 411,5 ha dan Parsingguran 253 ha. AS berharap agar kedepannya food estate juga dapat dikembangkan dengan baik dengan sinergi bersama pemerintah pusat mengingat food estate adalah program strategis nasional.

   Begitu juga soal sinergitas pemimpin daerah. Pada pilkada lalu, mereka mengusung slogan "Bekerja Bersama" namun kita melihat Pasangan Bupati dan Wakil Bupati ini bekerja sendiri-sendiri Seharusnya bupati menjalin kerja sama yang baik dengan wakil bupati. Kita belum melihat ada keharmonisan diantara bupati dan wakil bupati padahal sudah memasuki 100 hari kerja, kita melihat wakil bupati seperti tidak dilibatkan dalam memanajemen tata kelola pemerintahan serta pengambilan keputusan. Wabup kesannya seperti hanya menjalankan perintah bupati saja, padahal mereka ini kan satu kesatuan dalam membenahi dan mengembangkan Humbang Hasundutan. Semoga kedepannya ada perubahan yang terjadi demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik di humbang hasundutan, tutupnya. ( Hot/r )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *