HEADLINE NEWS

Kategori

Simpan Sabu Dalam Mulut, Tyson Simamora Divonis 4 Tahun Penjara

Majelis hakim sedang membacakan putusan pidana terhadap Tyson


MEDAN  |  kabar24jam.com 

Selasa, 18/05/2021.

   Tyson Simamora ((32) warga Jalan Pembangunan III Kel.Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur terdakwa perkara narkoba jenis sabu seberat 0,15 gram (Paket Rp 50 ribu) divonis Majelis Hakim selama 4 tahun penjara di Ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri (PN) Medan Selasa (18/5/2021)

   Majelis Hakim yang di ketuai Sayed Tarmizi SH,MH dalam amar putusannya, yang menghadirkan terdakwaTison Simamora secara daring menyebutkan, selain hukuman penjara, terdakwa juga dihukum dengan denda berupa uang sejumlah 800 Juta , subsidair 2 bulan penjara.

   "Menghukum terdakwa dengan hukuman selama 5 tahun penjara, denda 8 miliar rupiah, apa bila tidak dibayar maka diganti dengan hukukan penjara selama 2 bulan penjara,"ujar Majelis Hakim Sayed Tarmizi SH,MH dalam amar di hadapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Vernando Agus Hakim, S.H.

   Menurut Majelis Hakim, terdakwa terbukti bersalah, sebagaimana diatur dan diancam Pidana dalam Pasal sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 ayat (1)huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

   Sedangkan dari fakta persidangan, adapun hal yang memberatkan hukuman terdakwa, dikarnakan tidak membantu program pemerintah RI tentang pemberantasan narkotika.

   "Sedangkan hal yang meringankan, selama terdakwa mengikuti persidangan berlaku sopan dan tidak berbelit-belit memberi keterangan sehingga proses persidangan berjalan lancar,"sebut Majelis Hakim.

   Majelis Hakim menyebutkan, bahwa hukuman terdakwa Tison Simamora sama dengan tuntutan Jaksa tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

   "Dimana sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Vernando Agus Hakim, S.H. menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 4 tahun penjara denda 800 miliar rupiah subsider 3 bulan penjara," jelas Majelis Hakim.

   Sebelum sidang putusan tersebut ditutup, Majelis Hakim langsung menanyakan pada terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU), apakah terima, banding, atau pikir-pikir. 

   Namun pertanyaan Majelis Hakim tidak dijawab terdakwa, bahkan terlihat dari Iayar monitor handphone Android milik Jaksa Penuntut Umum (JPU) diruang sidang terdakwa tampak agak lama menjawab

   Akhirnya, terdakwa menjawab pertanyaan ketua Majelis Hakim dengan mengatakan terima dan begitu juga Jaksa Penuntut Umum (JPU).

   Usai mendengar jawaban  terdakwa dan JPU, lalu Mejelis Hakim menutup sidang." Baiklah sidang ini selasai, dan kita tutup,"kata Majelis Hakim sebari mengetukkan palunya.

   Sebelumnya diketahui dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Vernando Agus Hakim, S.H. terdakwa Tison Simamora ditangkap pada 10 Oktober 2020 sekira pukul 18:00 WIB, di Jalan. Pembangunan III Kel.Glugur Darat II Kecamatan, Medan Timur.

   Penangkapan terdakwa berawal personil Polsek Medan Timur sedang mobile di Jalan Pembangunan III Kel.Glugur Darat II Kecamatan MedanTimur dengan mengendarai sepeda motor  

   Kemudian saksi-saksi melihat seorang laki-laki yaitu terdakwa dengan gelagat yang mencurigakan di Jalan Pembangunan III Kel. Glugur Darat II Kec.Medan Timur kemudian saksi-saksi melakukan penggeledahan terhadap terdakwa dan ditemukan 1 bungkus plastik klip kecil berisi narkoba jenis sabu dari dalam mulut terdakwa 

   Saat diperiksa terdakwa mengakui membelli sabu-sabu Adul (DPO) sebesar Rp.50.000,- selanjutnya terdakwa beserta barang bukti dibawa ke Polsek Medan Timur guna proses lebih lanjut. (A-06)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *