HEADLINE NEWS

Kategori

Enam Kurir Sabu 38,9 Kg Lolos Dari Hukuman Mati



MEDAN  |  kabar24jam.com 

Selasa, 13/04/2021.

   Enam orang kurir 38.934 gram (38.9 Kg) sabu-sabu yang sebelumnya dituntut dengan pidana mati divonis dengan seumur hidup penjara. Atas putusan itu, jaksa langsung menyatakan banding.

   Keenam terdakwa yang diganjar penjara seumur hidup itu yakni masing-masing Martonis alias Toni Bin M Ali Yakub, Mufazzal alias Dan Bin Abdul Manaf, Ahmad Khusni Mubarok alias Dul Bin Abdul Komar, Herman Diansyah alias Agus alias Baim Bin Suhari, Fakhrurrazi alias Ton Bin Zulkifli, dan Mulyadi Rusli alias Utoh bin Alm Rusli Yahya.

   Putusan terhadap ke enam terdakwa dibacakan pada Rabu (7/4) kemarin oleh majelis hakim yang diketuai oleh Tengku Oyong.

   Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan para terdakwa  bersalah melakukan tindak pidana “permufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan atau menerima Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 (lima) gram” sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (2) jo 132 ayat (1) Undang-undang RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dalam dakwaan Primair.

   Menyikapi putusan ini, Kasi Intel Kejari Medan, Bondan Subrata mengatakan JPU langsung mengajukan banding.

   "Putusan seumur hidup, JPU (ajukan) banding tanggal 9 April 2021,"sebut Bondan, Selasa (13/4).

    Sebelumnya, Martonis dan kelima rekannya didakwa telah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1)Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

   Keenam terdakwa ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) pada pertengahan 2020. Mereka membawa sabu-sabu masuk ke Indonesia melalui perairan Aceh untuk kemudian diedarkan di Kota Medan. Total sabu-sabu yang disita dari keenamnya mencapai 38.934 gram.  ( A-06 )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *