HEADLINE NEWS

Kategori

Studi Kominfo Gayo Lues: Dapat 5 Replika Aplikasi Gratis



GAYO LUES  |  kabar24jam.com 

Selasa, 30/03/2021.

  Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Gayo Lues telah melaksanakan study banding ke Diskominfo Aceh Tamiang pada Jum'at (26/03/2021).

   Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan terkait pembangunan aplikasi, intra pemerintah dan semua hal yang berhubungan dengan e-government.

   Kunjungan singkat hari kerja tersebut dilakukan dengan kuota pengunjung terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan.

   Pemilihan studi banding ke Diskominfo Aceh Tamiang sudah lama diidam-idamkan oleh Dinas Kominfo Gayo Lues, mengingat kemajuan aplikasi dan sistem manajemen yang dimiliki, bahkan berhasil menciptakan inovasi pelayan aplikasi belajar daring yang sudah diakui pihak Provinsi. 

   Kepala Dinas Kominfo Gayo Lues, Said Idris Wintareza menuturkan, hasil dari kunjungan tersebut, Dinas Kominfo Aceh Tamiang memberikan lima replika Aplikasi untuk dijadikan acuan Kominfo Gayo Lues dalam membangun berbagai aplikasi sesuai dengan kebutuhan daerah secara gratis. 

   "Salah satunya replika aplikasi Tamiang Pande (Tamiang Pintar) yang diberikan kepada kita, aplikasi ini dibangun Diskominfo Tamiang untuk kepentingan pelajar belajar jarak jauh, dan aplikasi ini sudah tersedia di android dan IOS, serta bisa didownload secara gratis di play store,  Ini aplikasi sangat masif dan terorganisir, dan baru pertama ada di Aceh," terangnya.

   Selain itu, replika aplikasi E-gov termasuk sistem informasi E-Kinerja, E-Lapor, E-Data, E-Absensi, "Jika diuangkan kelima aplikasi gratis ini senilai 300 juta lebih kurang, dan kita sangat bersyukur replika ini diberikan secara cuma-cuma," terangnya 

   Sementara sebut Said Idris, pihak Diskominfo Tamiang juga belajar ke Diskomifo Gayo Lues tentang regulasi media informasi publik seperti pengelolaan media sosial, radio, Galus Tv, media Center, dan juga memberikan mengenai pengelolaan persandian dokumen negara. 

   Ia juga mengatakan, Aceh Tamiang dan Gayo Lues akan bekerja sama mengenai rumah satu data, karena Tamiang satu-satunya Kominfo dari Aceh yang diterima Bappenas mengenai Rumah satu data statistik.

   "Diskominfo Tamiang berencana akan datang ke Gayo Lues belajar lebih jauh tentang regulasi media informasi publik ," tandasnya.(AVID/r)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *