HEADLINE NEWS

Kategori

Mahasiswi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fisip USU dan Yayasan Amanah Hamba Allah Mengunjungi Lansia Penderita Stroke.



MEDAN  |  kabar24jam.com 

Kamis, 14/01/2021.

   Kegitan Praktikum 2 oleh Mutiara Shofi mahasiswi Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) FISIP USU dengan Supervisor Sekolah Dr.Bengkel Ginting, M,Si. selama satu semester bersama dengan Yayasan Amanah Hamba Allah (AHA) yang dilaksanakan dari bulan September hingga Desember 2020.

  Seperti yang diketahui Yayasan Amanah Hamba Allah (AHA) merupakan yayasan yang bergerak dibidang amal. Setiap minggunya Mutiara Shofi selaku praktikan melaksanakan pratikum dengan mengikuti kegiatan amal seperti berbagi subuh di jalan, membagikan nasi kotak kepada para Jemaah sholat jum’at, membantu korban banjir dengan memberikan sembako dan baju bekas layak pakai, menyalurkan bantuan al-qur’an ke pesantren daerah Pak-pak Bharat, memberikan fasilitas cuci tangan dan masker bersama anak panti, dan memberikan bantuan kepada para lansia salah satunya seperti Bapak Mantondang lansia yang mengalami stroke.

   Bapak Matondang merupakan seorang lansia yang terbaring karena penyakit stroke berat. Beliau saat ini mengalami kelumpuhan sebesar 80%, kecuali area kepala yang dapat berfungsi dan masih dapat berbicara meskipun agak berat untuk berbicara. Untuk mencari tahu latar belakang keluarga beliau, Mutiara Shofi mahasiswi IKS melakukan observasi ke tempat tinggal beliau yang berlokasi di kelurahan Sari Rejo, kecamatan Medan Polonia. Dari hasil obseravsi dan assessment yang dilakukan, untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga Bapak Matondang, Beliau sebelumnya berjualan getuk dan tiwul keliling dengan menggunakan sepeda. Istri Bapak Matondang merupakan seorang buruh cuci tetapi karena semakin tua, istri Bapak Matondang tidak sanggup lagi bekerja karena sakit dan anaknya bernama Muhsin merupakan seorang hafiz  Qur’an 30 juz menjadi guru relawan di sebuah masjid terdekat yang tidak jauh dari rumah dengan sukarela. Perekonomian keluarga Bapak Matondang dapat dikatakan jauh dari kata “cukup” seperti  kebutuhan pangan sehari-hari saja sulit untuk didapatkan. 

   “Saat ini keluarga saya hanya bisa makan jika ada yang memberikan bantuan bahkan keluarga saya pernah tidak makan beberapa hari dan kami juga tidak mendapatkan bantun sosial dari pemerintah padahal saya sudah mengajukan permintaan  program-program bantuan dari pemerintah beberapa kali”. ujar istri Bapak Matondang.

   Atas dasar Assesment yang didapat maka Mutiara Shofi selaku mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU disini berperan sebagai broker atau penghubung antara Bapak Matondang dengan  Yayasan Amanah Hamba Allah (AHA)  untuk memberikan bantuan program “Caring by Sharing” kepada Bapak Matondang. Hal ini merupakan wujud kepedulian yang diberikan kepada lansia . 

   “Program Caring by Sharing ini merupakan perwujudan dari bentuk perencanaan yang menekankan bentuk kepedulian kepada lansia yang kegiatannya berupa bantuan sosial”. ujar Mutiara Shofi.

   Isi dari program “Caring by Sharing” dilakukan dengan cara membuka donasi berupa flayer dan video singkat kondisi Bapak Matondang yang disebar luaskan melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp dan Facebook. Open donasi dilakukan kurang lebih selama satu minggu. Dari hasil donasi yang berhasil terkumpul, Mutiara Shofi membelanjakan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan Bapak Matondang dan keluarganya seperti kebutuhan pokok (sembako) dalam bentuk beras,telur,minyak makan,obat-obatan ,dll.

   Pada tanggal 26 Oktober 2020, dilakukan pemberian hasil donasi yang terkumpul seperti  kebutuhan pokok keluarga Bapak Matondang dan uang tunai oleh ketua Yayasan AHA Adyatya Pranata dan Mutiara Shofi selaku mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial.

   “Terimakasih atas bantuan yang telah diberikan, tidak banyak mungkin tetapi kita semua yakin ini adalah bantuan yang sangat berarti untuk pak Matondang dan keluarga. Insyallah amanah ini sudah kita berikan dan akan terus membantu dan mencari jika ada saudara kita yang mengalami kesulitan “. Ujar Adyatya Pranata selaku ketua Yayasan Amanah Hamba Allah.

   Dampak dari program “Caring by Sharing” yang diberikan kepada Bapak Matondang maka, kebutahan pokok Bapak Matondang yang sebelumnya mengalami kekurangan dalam beberapa hari kedepan dapat tercukupi dan uang yang telah diberikan dapat dipergunakan Bapak Matodang untuk menjalani pengobatan yang lebih intensif.

   Selanjutnya pada tahap terminasi yang dilakukan kepada Bapak Matondang(6/11/2020),yaitu praktikan dan Yayasan Amanah Hamba Allah (AHA) menutup open donasi di media sosial dan memberikan sisa uang donasi yang telah terkumpul  untuk diberikan dalam kunjungan kedua kalinya. ( Rasid )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *