HEADLINE NEWS

Kategori

Dukung UMKM, Persit KCK Daerah XII/Tpr Selenggarakan Webinar Pelatihan Anyaman Pembuatan Tas Berbahan Dasar Rotan



KUBU RAYA  |  kabar24jam.com 

Rabu, 13/01/2021.

   Mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura melalui Persit KCK Koorcabrem 102/Pjg didaulat oleh Persit KCK Pusat untuk menyelenggarakan Webinar Pelatihan Anyaman Pembuatan Tas Berbahan Dasar Rotan. 

   Pelatihan secara virtual dilaksanakan di Aula Makorem 102/Pjg,Selasa (12/01/2021).

   Webinar dibuka oleh Ketua Umum Persit KCK, Ny. Hetty Andika Perkasa dari Mabesad dengan mengambil tema "Kriya Rotan Kalimantan Tengah Menyapa Dunia". Sedangkan materi pelatihan disampaikan oleh Founder dan CEO Handep Haruei, Randy Miranda.

   Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr, Ny. Ely Nur Rahmad dalam sambutannya menyampaikan, berkaitan dengan pengembangan dunia usaha, Persit KCK PD XII/Tpr akan terus mendorong dan mendukung UMKM untuk berperan aktif dalam membangun perekonomian nasional, serta dalam pengembangan usaha berbasis potensi daerah dan berorientasi pasar, berupa pelatihan pembuatan tas dan topi dari bahan baku rotan kepada anggota Persit dan masyarakat se- Kalimantan Tengah.

   "Harapan kita semua, dengan adanya pelatihan ini dapat mengangkat ekonomi anggota Persit dan masyarakat khususnya para perempuan dan petani kecil melalui produk fashion ramah lingkungan yang berbahan baku rotan," kata Ny. Ely Nur Rahmad dari Aula Sudirman Makodam XII/Tpr.

   Untuk itu Ny. Ely Nur Rahmad mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Ketua Umum Persit KCK kepada Persit KCK PD XII/Tpr untuk menyelenggarakan pelatihan ini. 

   "Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Handep Haruei yang bersedia memberikan pelatihan kepada anggota Persit dan masyarakat di wilayah Kalteng. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif kepada ibu-ibu Persit dan masyarakat sekitar," ucap Ny. Ely Nur Rahmad.

   Sedangkan Ketua Umum Persit KCK saat membuka acara mengucapkan terima kasih kepada Randy Miranda, Founder dan CEO Handep, yang sudah menyempatkan waktunya untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dalam mengedukasi peserta pelatihan. 

   "Terima kasih juga untuk Ibu Ely Nur Rahmad dan Ibu Nancy Purwo atas kolaborasinya dengan Handep hingga terselenggaranya webinar ini yang juga merupakan wujud kepedulian Persit Kartika Chandra Kirana terhadap UMKM masyarakat sekitar," ucap Ny. Hetty Andika Perkasa.

   Ketua Umum Persit mengatakan, kekayaan alam Indonesia yang begitu banyak memberikan kesempatan yang luas untuk berkarya. Salah satunya adalah kriya pembuatan tas dan topi berbahan rotan. Sudah saatnya "Rotan Menyapa Dunia", sebuah statement yang terdengar tinggi tapi tidak mustahil. Tentunya semua harus melalui proses yang panjang dan penuh dengan tantangan. 

   "Jangan berkecil hati karena setiap perjalanan panjang dimulai dari satu langkah pertama dan pelatihan ini adalah langkah pertama kriya berbahan baku rotan untuk kelak bisa mendunia," kata Ny. Hetty Andika Perkasa.

   Istri Kasad ini berharap, pelatihan ini harus bisa menghasilkan pengrajin yang tidak hanya terampil dalam membuat tas dan topi, tapi juga melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang tahan banting, kuat, mandiri dan sukses.

   "Selain diberikan keterampilan teknis, pengrajin juga harus memahami langkah-langkah seperti mengenali potensi, kerja tim, membuat produk yang unik dan berkarakter, strategi branding dan pemasaran untuk menciptakan model bisnis yang berkelanjutan (sustainable)," tutup Ny. Hetty Andika Perkasa. (AVID)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *