HEADLINE NEWS

Kategori

KRI Bima Suci Gelar Lomba Ketangkasan Peran Penyelamatan Kapal



TELUK KUPANG  |  kabar24jam.com 

Rabu,23/12/2020.

TNI AL, Koarmada II.

   Guna memberikan penilaian kepada para Taruna Tk.III angkatan Ke-67 dalam kesigapan melaksanakan penyelamatan kapal khususnya dalam Peran Penanggulangan Kebakaran (PEK), Komandan Satgas Operasi Bima Suci (OBS) 2020 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla. memerintahkan Kepala Departemen Mesin Mayor Laut (T) Andi Alma untuk menggelar lomba antar Divisi, Rabu (23/12/20).

   Dalam lomba ketangkasan ini para Taruna terbagi dalam tiga divisi yaitu Divisi A, B dan C. Masing-masing Taruna dalam tiap Divisi harus menguasai tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan peran tersebut mulai dari Kepala Tim PEK atau Pos Komando (PK) PEK selaku pengendali PEK, Penindak 1, Penindak 2, Penyelamat Dokumen, Pengawas dan Tim Medis untuk memberikan pertolongan pertama.

   Bertindak sebagai Tim penilai yang dipimpin oleh Kadepsin diantaranya Paping Korps Teknik dan Kadiv MPK dengan kategori penilaian meliputi Prosedur Komunikasi (Proskom), Ploter, Laporan kesiapan, Prosedur masuk, Prosedur cek korban, Penggunaan alat, Waktu dan Kekompakan Tim. Dengan simulasi tempat kejadian yang diacak dan berbeda-beda tempat.

   Komandan Satgas OBS 20 menyampaikan "Dilaksanakannya lomba Peran PEK ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Taruna dalam mengaplikasikan teori yang sudah diperoleh untuk di praktekkan langsung dalam penyelamatan kapal khususnya peran PEK, disamping itu untuk menguji kesigapan Taruna sebagai bentuk antisipasi kemungkinan terjadinya bahaya kebakaran dalam pelaksaan tugas operasi", terang Letkol Waluyo-sapaan karib Dansatgas OBS.

   Lebih lanjut beliau menyampaikan "Kompetisi ini digelar untuk meningkatkan kemampuan profesi Taruna sebagai upaya membentuk prajurit profesional sesuai   prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul dan penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. untuk memberikan pelatihan yang optimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan", imbuh Dansatgas OBS. (KRI BSC).

( Ahamad ) 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *