HEADLINE NEWS

Kategori

Kabid H. Nadhif, S.Ag, M.Si, : "Bersama Kita Kuatkan Ketahanan Keluarga dengan Akida"



YOGYAKARTA  |  kabbar24jam.com 

Sabtu, 19/12/2020.

  Tampak Kabid Urais Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, H. Nadhif, S.Ag, M.Si sebagai narasumber itu menjelasakan pentingnya penguatan ketahan keluarga dan mengajak peserta agar bersama-sama menekan angka perceraian, 

   “ Keluarga menjadi pondasi penting dalam hidup berbangsa dan bernegara, keluarga yang berkualitas menjadi orientasi pembangunan nasional berkelanjutan. Namun, kita melihat problematika kehidupan dengan realita rapuhnya ketahan keluarga yang dibuktikan dari angka perceraian yang masih tinggi dengan 5500 pasang keluarga setiap tahun. Rendahnya jumlah klien yang memanfaatkan konselor di KUA."Terang Nadhif di hadapan 40 orang peserta se-DIY 

   Lebih lanjut, tujuan inovasi program pusaka sakinah (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) sebagai upaya wujudkan ketahanan keluarga di DIY melaui konseling hierarki dan Akida.

   "Dalam upaya menciptakan ketahan keluarga melalui peran masyarakat melalui konseling hierarki berjenjang mulai dari masjid, Kantor Desa dan KUA dan konseling melalui Akida (Aplikasi Konseling Digital) yang  berbasis aplikasi digital. Tentunya, peran Penyuluh Agama Islam Non PNS dapat bergerak untuk melakukan pendampingan membantu takmir sebelum ke kalurahan Desa dan KUA". Sambungnya di Hotel Matahari Jl. Paris Yogyakarta, Jum’at (18/12/2020)

   Turut hadir dalam acara itu Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, DR. H. Muharam Marzuki, P.h.d, Kakanwil Kemenag DIY, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I, Konsultan Organisasi, Kurdianto, SE, termasuk dari Direkotorat yakni Rama, Insan Chosnul Qolbi, Wahdi Yahsyah, SH.

   Sementara, Konselor Desa Pendowoharjo yang juga ketua FKPAI KUA Kepanewon Sewon, Drs. H. Syahroini Djamil sebagai peserta sosilalisai mengatakan gagasan dari Kabid Urais H. Nadhif, S.Ag, M.Si sangat membantunya di lapangan, “kami sangat terbantu adanya Konseling Hierarki, jadi kami akan mendapatkan informasi dari takmir masjid tentang klien tersebut.”

   “Dalam kesempatan itu kami dibekali materi untuk panduan konselor berbasis aplikasi ini meliputi input profil klien, kartu klien, assessment klien, konseling online dan pelaporan, momen ini juga ada  lounching jurnal penghulu dan buku antologi. Kegiatan sosialiasai Akida itu setelah pemaparan diakhiri dengan sesi diskusi.” imbuhnya.

   Terpisah, Kepala KUA Kepanewon Sewon, Asrori, SH meapresiasi program Akida dan  konseling hierarki di era derupsi ini oleh Kabid Urais H. Nadhif, S.Ag, M.Si ini akan memudahkan layanan bagi satgas (satuan tugas) pusaka sakinah kami baik ditingkat Kepanewon Sewon maupun ditingkat kalurahan Desa yang meliputi Desa Pendowoharjo Desa Timbulharjo, Desa Bangunharjo dan Desa Panggungharjo. 

   Sedangkan Penyuluh Agama sekaligus anggota satgas pusaka sakinah Desa Timbulharjo, Rustam Nawawi Pelaco, M.Pd menyatakan akan menjalankan amanah dari Kabid Urais, H. Nadhif, S.Ag, M.Si dalam pendampingan membantu takmir tersebut bersama penyuluh lainnya”. (AVID)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *