HEADLINE NEWS

Kategori

Hakim Perintahkan JPU Hadirkan Konsultan Kegiatan ke Depan Persidangan.

                 Saksi Amri Paisal dan Budiman 
                   sedang memberi keterangan


MEDAN  |  kabar24jam.com 

Senin, 21/12/2020.

   Saksi Amri Paisal Siregar ( Kabid pembinaan) didepan persidangan menerangkan, saksi tahu ada ada dana bantuan desa sekitar Rp. 700 juta yang dikucurkan untuk BUMDes Rp. 500,9 juta untuk melaksanakan kegiatan tiga item  yakni MDA, Kebun Kelapa Sawit dan Ternak Sapi tahun 2017. 

   Sidang yang digelar diruang sidang cakra8 Pengadilan Negeri ( PN ) dipimpin majelis hakim yang diketuai Immanuel Tarigan ini beragendakan pemeriksaan terhadap tiga saksi yakni, Budiman, Amri Paisal dan Nurlam ( konsultan kegiatan) yang dihadirkan tim JPU dari Kejari Palas. Namun satu saksi yakni Nurlam tidak dapat dihadirkan karena Struck, sehingga dihadirkan secara virtual.

   Majelis hakim tidak dapat memeriksa keterangan saksi Nurlam. Pasalnya majelis hakim menginginkan saksi konsultan kegiatan itu hadir diruang sidang. Menurut hakim ketua Immanuel Tarigan, saksi telah menerima dana BUMDes sebesar Rp. 50 juta. Dengan rincian Rp.30 juta jasa sebagai konsultan kegiatan dan Rp. 20 juta merupakan panjar pembelian Ayam Petelur.

   Dikatakan Immanuel, dana BUMDes yang ada pada saksi Nurlam harus segera di sita, sebab kegiatan yang dimaksud dalam Musrembang tidak jadi dilaksanakan, bahkan ayamnyapun tidak ada.

   Selanjutnya majelis hakim meminta saksi Amri Paisal meneruskan keterangannya. Menurut saksi, beliau mendapat laporan dari ahli pendamping desa, Isi laporannya bahwa BUMDes tidak jadi dilaksanakan. Sebab 3 poin yang sudah direncanakan, dialihkan ke ayam petelur.

   Setelah mendapat laporan tersebut saksi menyampaikan surat kecamatan untuk mengevaluasi kegiatan tersebut. Saksi juga menjelaskan Pendamping lokal desa membuat laporan data kegiatan dan dana BumDes Rp. 500,9 juta diambil dari dana bantuan desa Rp. 700 juta tidak berjalan.

   Sedangkan saksi Budiman Nasution menerangkan, dirinya ada mendengar kegiatan yang dilakukan BUMDes yang diketuai Burhanuddin dan Fikrin selaku Pengawas tidak berjalan, pailit dan merugi. Hanya itu yang saya tahu pak hakim, "Terang Budiman. 

   Setelah mendengarkan keterangan dua saksi tersebut, majelis hakim memerintahkan saksi konsultan kegiatan Nurlam untuk hadir pada persidangan berikutnya tanggal 4 Januari 2021 tahun depan. Selanjutnya Immanuel meminta tim JPU yang dimotori Jepri Gultom ( Kasipidsus Padang Lawas untuk menghadirkan saksi tersebut.

   Sebelum ditutup majelis hakim persidangan tersebut Nurlam, berkilah m ngatakan kondisinya lagi tidak sehat. Memohon pada majelis hakim agar diperiksa secara virtual. Namum majelis hakim tetap perintahkan saksi konsultan kegiatan itu untuk hadir pada jadwal persidangan berikutnya. Lalu hakim mengerikan palunyaengakhiri sidang. ( Apri )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *