HEADLINE NEWS

Kategori

Dankormar: Jaga Karakter, Jatidiri dan Kehormatan Sebagai Prajurit Petarung



SURABAYA  |  kabar24jam.com 

Jumat, 11/12/2020.

   Sebentar lagi kalian akan dilantik menjadi Perwira Korps Marinir, jaga karakter, jatidiri dan kehormatan sebagai prajurit petarung. Demikian disampaikan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Mar Suhartono, M.Tr han selaku Corps Chief Marinir dalam pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-50 TA 2020 korps Marinir, (11/12/2020).

   Pembekalan secara Vidio Conference (Vicon) tersebut Dankormar berada di Mako Kormar Jakarta sedangkan para siswa Diktukpa korps Marinir ini berada di Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Pusatopsla) Kodiklatal Bumimoro Surabaya. 

  Lebih lanjut Dankormar Mayjen TNI Mar Suhartono, M.Tr han menyampaikan bahwa Kormar adalah Kotama Operasi dan Kotama Pembinaan. Sebagai Kotama Operasi TNI Kormar bertugas menyelenggarakan operasi amphibi, operasi pertahanan pantai dan  pengamanan pulau terluar  dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai kebijakan Panglima TNI dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

    Sedangkan sebagai Kotama pembinaan Kormar  bertugas membina kekuatan dan  kesiapan operasi satuan marinir serta membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan matra laut yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasal.

   Struktur kekuatan Marinir terdiri stracking force berasal dari Brigade infanteri, Supporting Force dari Resimen Kavaleri dan artileri.. Combat Suport Element dari resimen Bantuan Tempur, Service suport element dari Kolatmar, Pangkalan Marinir, Rumah sakit dan Denmako Marinir sedangkan Spesial Force &an Counter Terrorism dari Detasemen Jala Mangkara.

   Dalam pembianaan personil terdapat enam tuntutan sebagai prajurit Korps marinir antara lain prajurit Korps Marinir adalah prajurit Sapta margais, Korps Marinir adalah satu,  Korps Marinir bukanlah warisan melainkan amanat titipan bagi generasi yang akan datang,  prajurit Korps Marinir tidak takut menghadapi kesulitan karena setiap kesulitan pasti dapat di atasi. Prajurit korps marinir pada prinsipnya adalah prajurit lapangan,  prajurit korps marinir pada hakekatnya adalah pasukan pendarat.

   Hadir dalam pembekalan tersebut para pejabat Utama Kodikmar diantaranya Wadan Kodikmar, Para Komandan Pusdik dan para Komandan sekolah. Selain itu hadir pula para perwira Korps Marinir Kodiklatal. ( Ahmad )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *