HEADLINE NEWS

Kategori

Bersepeda, Gubernur AAL Dampingi Kasal Keliling Pangkalan dan Panen Udang Vaname



SURABAYA  |  kabar24jam.com 

Sabtu. 05/12/2020.

   Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Morgono, S.E., M.M, melaksanakan olahraga bersama bersepeda berkeliling Pangkalan Surabaya dan panen hasil Ketahanan Pangan, Udang Vaname, Jumat (4/12).

     Panen hasil ketahanan pangan yang digelar Lantamal V ini, dipusatkan di Tambak Udang Lantamal V, Semarung Ujung Surabaya. Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono tampak mendampingi Kasal. Hadir pula beberapa Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya dan undangan lainnya.

   Kasal mengapresiasi kreatifitas prajurit dijajarannya yang tidak surut semangatnya meski dimasa pandemi Covid-19 yang hinggga kini masih belum berakhir.

   Program ketahanan pangan ini merupakan penjabaran dan tindak lanjut dari program nasional, TNI/TNI AL untuk memanfaatkan lahan dilingkungan satuan untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar.

   Kreatifitas ini, salah satunya ditunjukkan dengan kesuksesan prajurit jajaran Lantamal V menghasilkan kurang lebih 12 Ton ikan dan udang dari Tambak Udang Lantamal V, Semarung, Ujung, Surabaya ini.

   Sementara itu Komandan Lantamal V Laksma TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc.,  mengatakan bahwa budidaya udang Vaname ini, sebagai salah satu bentuk implementasi program ketahanan pangan nasional. Budidaya tersebut dikelola pada tambak seluas 4000 M2, yang terdiri dari 4 buah kolam tambak.

   Pada bulan September lalu, telah disebar 260.000 bibit udang Vaname yang saat ini siap untuk dipanen. Setelah menjalani pemeliharaan selama 100 hari lebih, udang Vaname yang menjadi komoditi budidaya diperkirakan mencapai ukuran 50 ekor per Kilogram. 

   “Tambak udang Vaname ini, berada di bawah pengelolaan Primkopal Mako Lantamal V. Dalam pengelolaannya bekerja sama dengan sejumlah ahli budidaya udang guna melaksanakan perawatan serta pemeliharaan bibit hingga siap panen,” terangnya.

   Selain Panen Udang Vaname di Surabaya, pada waktu yang bersamaan, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) di bawah Lantamal V juga melaksanakan Panen Ketahanan Pangan dengan membudidayakan berbagai komoditi, seperti berbagai jenis ikan air tawar, sayur-sayuran, serta ketela.

   Pada kesempatan tersebut, Kasal melaksanakan Video Conference dengan beberapa lokasi Lanal di bawah jajaran Lantamal V yang juga melaksanakan Panen Budidayanya.

Kabagpen AAL,

Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos. 

( Ahmad )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *