HEADLINE NEWS

Kategori

Sosialisasi Perda Sampah Rumah Tangga, Anggota DPRD Medan Fraksi PAN Minta Pemerintah Kota Medan Serius Bekerja



MEDAN  |  kabar24jam.com 

Minggu, 29/11/2020.

   Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Edwin Sugesti Nasution, SE,MM, mengadakan temu warga di Jalan Pelita III, Kelurahan Sidorame Barat 1, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan Sumatera Utara (29/11/2020) pukul 11.00 WIB.

   Temu warga itu dilaksanakan Edwin guna mensosialikan Perda nomor 6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Persampahan.

   Terjadi Tanya jawab antara Edwin dengan warga sekitar Jalan Pelita III, dimana warga disana mengeluhkan lambannya pengangkutan sampah yang dilakukan oleh Petugas Kebersihan, dan tidak adanya tempat penampungan sampah di jalan.

   Kata warga,  Sampah hanya sekali seminggu diangkat oleh petugas.  Warga juga mempertanyakan uang sampah yang dikutip oleh petugas.

   Menurut  Edwin seharusnya sampah warga diangkut tiap harinya.

   Edwin menjawab keluhan warga dengan mengatakan akan berkomunikasi dengan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan supaya memperhatikan penanganan Sampah di Jalan Pelita III.

   Menurut Edwin, Pemerintah Kota Medan harus memperhatikan warganya.   Lurah dan Camat kata Edwin juga harus memperhatikan masalah sampah diwilayahnya yang merupakan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk menyelesaikan karena digaji untuk bekerja bukan untuk duduk di kantor.

   " Pemerintah  jangan hanya duduk diam dikantor, tidak tau lingkungannya, akhirnya masyarakat yang menerima dampaknya" kata Edwin dihadapan para warga yang hadir.

   Yamin, Staf yang hadir dari Dinas Kebersihan Kota Medan mengakui bahwa penanganan Sampah di Kota Medan masih banyak kekurangan Sehingga  dia meminta Warga untuk saling bertanggung menjaga kebersihan Kota Medan dan meminta warga tidak membuang sampah sembarangan.

   Ada juga masalah retribusi yang dijelaskan Yamin dimana warga harus membayar retribusi sampah kepada Dinas Kebersihan.  Petugas Dinas Kebersihan katanya akan mendatangi pemilik rumah untuk memberikan tagihan.

   Selain Dinas Kebersihan, pengutipan retribusi sampah kata Yamin merupakan ilegal.

   Dalam Perda Sampah juga diatur mengenai sanksi pidanan dan denda  bagi setiap orang yang membuang sampah sembarangan.

   Sekitar 50 an Kepala Keluarga hadir dalam sosialisasi Perda Sampah ini, warga berharap agar adanya tindak lanjut yang lebih baik setelah sosialisasi dilaksanakan dan warga meminta Pemerintah dan DPRD dapat memenuhi kewajibannya masing-masing.

   Edwin menutup acara dengan mengatakan warga bisa mengadukan Pemerintah kepadanya bila pemerintah tidak bekerja maksimal dalam menangani sampah dengan mengirim surat pengaduan kepadanya dan mengantarkannya ke kantornya.

Reporter : BERTHON SIREGAR

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *