HEADLINE NEWS

Kategori

Peringati HUT Ke-71 Tahun 2020, Kodikmar Kodiklatal Gelar Istiqosah dan Doa Bersama



SURABAYA  |  kabar24jam.com 

Sabtu, 28/11/2020.

   Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  (HUT) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) ke-71 Tahun 2020,  Kodikmar Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menggelar Istiqosah dan doa bersama, (28/11/2020)

   Adapun prajurit yang beragama Islam menggelar Istiqosah di Masjid Kesatrian Kodikmar Gunungsari sedangkan prajurit yang beragam Nasrani menggelar doa di ruang kelas Gabungan Sekolah Perwira Infanteri (Sepaif) 

   Peringatan hari jadi ditengah pandemi Covid 19 tersebut, dilaksanakan secara sederhana. Setelah Istiqosah dan doa bersama acara dilanjutkan Pemotongan tumpeng oleh Wadan Kodikmar Kolonel Marinir Hendro Suwito mewakili Komandan Kodikmar Kolonel Marinir Sarjito, M.Si., CHRMP.

   Tampak hadir dalam acara tersebut para pejabat utama Kodikmar diantaranya para Komandan Pusdik, para Kadep dan para Komandan sekolah dijajaran Kodikmar.

    Peringatan HUT Kodikmar ke -71 yang dilaksanakan secara sederhana karena pandemi Virus Covid 19 ini, tidak mengurangi semangat prajurit Korps Marinir di Kodikmar dalam berkarya untuk memajukan organisasi demi kejayaan bangsa dan negara.

   Dalam mencetak prajurit petarung korps Marinir, Kodikmar telah mengalami perjalanan sejarah yang cukup panjang, diawali dengan Skep Menhan No A/563/1948 ditetapkan adanya Korps Komando di dalam Angkatan Laut yang merupakan penjelmaan, penggabungan dan peleburan diri dari Marine Keamanan Laut, Tentara laut Republik Indonesia kedalam satu wadah dan menjadi Korps Komando Angkatan Laut yang berkedudukan di Surabaya sebagai Pangkalan Utamanya. 

    Karena tuntutan organisasi Angkatan laut yang semakin berkembang termasuk Korps Komando Angkatan Laut didalamnya, maka pada tanggal 27 November 1951 dibentuklah Depot Pendidikan di Ksatrian KKO AL Wonokitri dan Depot Rekrut di Ksatrian KKO AL Gubeng dengan seksi Amphibinya di Ksatrian KKO AL Semampir.

   Untuk lebih mengkhususkan tugas masing-masing, maka diadakan pemisahan unsur-unsur pendidikan dengan unsur-unsur pasukan (Tempur, Banpur dan Banwatpur) dan mendapat pengesahan Dari Kasal dengan Surat Keputusan nomor : A/10/10, tanggal 6 Mei 1957 dimana unsur – unsur pendidikan menjadi Pusat Pendidikan Komando.

   Pusat Pendidikan Komando dalam menunaikan tugasnya mengalami penyempunaan dan penyesuaian baik yang menyangkut organisasi maupun namanya, yang akhirnya menjadi Komando Pendidikan Marinir berdasarkan Perpang/7/V/07 tanggal 29 Mei 2007 dan Skep Kasal No Skep/1262/2007, tanggal 24 Oktober 2007.

    Lebih lanjut disampaikan, Kodikmar bertugas membantu Komandan Kodiklatal dalam mencetak prajurit-prajurit petarung Korps Marinir dengan melaksanakan Pendidikan Lanjutan Perwira Infanteri, Artileri, Kavaleri dan Bantuan Tempur serta melaksanakan Pengkajian dan Pengembangan doktrin Operasi Amfibi pada tingkat taktik dan Opersi Pertahanan Pantai, serta mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan Pusdik-Pusdik dilingkungan Kodikmar, membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukungnya.

   Peringatan HUT Kodikmar merupakan hari yang bersejarah untuk keluarga besar Kodikmar, tradisi peringatan seperti ini patut untuk dilestarikan dan diteruskan, karena melalui peringatan  diharapkan dapat memacu motivasi dan semangat yang tinggi kepada seluruh keluarga besar Kodikmar untuk bekerja secara profesional sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,  guna mencapai keberhasilan dalam mendukung tugas pokok Kodikmar. (Ahmad)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *