HEADLINE NEWS

Kategori

Pelepasan Ekspor Sarang Burung Walet dan Produk Berbasis Singkong ke Luar Negeri Wamen Perdagangan RI : Bangga UMKM Sumut Berkualitas dan Bermutu



MEDAN  |  kabar24jam.com 

Sabtu, 07/11/2020.

    Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Republik Indonesia, Dr Jerry Sambuaga, bersama Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengapresiasi produk UMKM di Sumut ke kancah Internasional. Wamen mengaku bangga Produk UMKM lokal dari Sumut berkualitas dan bermutu dan menjadi kebanggaan untuk masyarakat Indonesia dan luar negeri. 

   Dalam mendukung itu, Wamen bersama Gubsu dan pemerintah daerah turut langsung dalam pelepasan produk UMKM yang sudah dikemas di kontainer dan mobil boks untuk dikirim ke luar negeri.

    Acara pelepasan juga disaksikan Kepala BI Provinsi Suamtera Utara, Wiwiek Sisto Widayat, Kadis Perindag Kabupaten Deli Serdang, Kepala Beacukai, Kepala Balai Karantina, Deli Serdang, Kepala PT Pos, dan pejabat lainnya di kantor dan tempat produksi Sarang Burung Walet di Komplek MMTC, Desa Medan Estate, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/11/2020) siang.

   Produk UMKM tersebut merupakan hasil karya dan asli produk Sumatera Utara berupa, sarang burung walet yang dikelola, Lusiana pimpinan PT Ori Ginalnest Indonesia yang memproduksi sarang burung walet, serta pelepasan produk singkong dari PT Alpha Gemilang Sejahtera.

   Dimana, PT Ori Ginalnest Indonesia yang beralamat di Komplek MMTC, Desa Medan Estate mengekspor produk sarang burung walet ke Negara China, Eropa, USA, Australia, Taiwan dan Singapura. Sedangkan PT Alpha Gemilang Sejahtera yang memproduksi produk beberbasis Singkong diekspor ke Negara Korea Selatan.

   Dihadapan Wamen, Gubsu dan pejabat lainnya yang hadir, Pujiana Sianturi mengatakan, Indonesia memeiliki sarang burung walet terbesar di dunia. Meski hampir seluruh penjuru terkena imbas wabah corona, namun tak begitu berimbas untuk pelaku UMKM yang dikelolanya.

   "Kabar baiknya ekspor burung walet kami semakin meningkat, terutama ke negara Cina. Walet ini komodiatas ekspor unggulan di Indinesia," kata dia.

   Dalam hal ini, ia juga berharap kepada pemerintah, agar kegiatan usahanya didukung. Sebab, UMKM tersebut juga sebaga sarana promosi produk asli Indonesia ke kancah Internasional.

   "Kita juga mempromosikan sarang burung walet produk lokas Sumatera Utara ke luar negeri. Masih banyak yang perlu kita perhatikan dalam membenahi ini lebih baik lagi. 

   "Untuk itu, kami sangat butuh support pemerintah. Kita punya impian untuk meningkatkan kualitas sarang burung walet dan terus membina UMKM baru sarang burung walet, dan lainnya," ungkapnya.

   Sementara itu, Ketua UMKM Sumut Ujiana Sianturi, ekspor singkong yang telah dilakukan ini untuk meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di Sumut khususnya Kota Medan. "Produk singkong juga mengangkat derajat UMKM di Sumut. Kita Ingin UMKM Sumut naik kelas dan bisa bersaing dengan daerah dan negara lain. Produk lokal dari Sumut juga bermutu dan berkualitas, " tandasnya.  ( Red )


Teks photo. 

Wamen  Perdagangan RI bersama Gubsu Edy Rahmayadi melakukan pelepasan ekspor sarang burung walet dan produk berbasis singkong ke luar negeri di Komplek MMTC Jalan Pancing Medan, Sabtu (7/11/2020). 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *