HEADLINE NEWS

Kategori

Pangkoarmada II Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gapura Majapahit Di Pura Segara



SURABAYA  |  kabar24jam.com 

Selasa, 17/11/2020.

TNI AL. Koarmada II.

   Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI I N.G Sudihartawan didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II, Ny. Ria Sudihartawan, mendapat kehormatan untuk melaksanakan peletakan batu pertama, pada pembangunan gapura Majapahit di Pura Segara Kenjeran, Senin (16/11).

   Pembangunan gapura Majapahit dimaksudkan sebagai penanda untuk masuk ke Pura Segara, yang diresmikan pada tanggal 17 Juli 1981 oleh Pangdaeral IV Laksda Gatot Suwardi. Dan merupakan salah satu pura yang dibangun di tanah milik TNI AL khususnya wilayah Surabaya.

   Usai Puja Astawa yang dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Anom Negara JKM, acara peletakan batu pertama pun dimulai. Setelah Pangkoarmada II didampingi Ny. Ria Sudihartawan,  beberapa pejabat TNI AL dan tokoh Agama Hindu didapuk ikut meletakan batu sebagai simbol dimulainya pembangunan gapura Majapahit. Antara lain Danlantamal V Laksma TNI Mohamad Zaenal, berapa Asisten Pangkoarmada II , Dirjianbang Kodiklatal Laksma TNI I Wayan Suarjaya, dan Prof. DR. I Nyoman Sutantra.

   Sementara terkait bentuk gapura Majapahit yang terbelah dua kiri dan kanan, menurut Pangkoarmada II hal tersebut adalah simbol dari Rwa Bhineda dalam kehidupan. Yakni sifat positif dan negatif, yang selalu melengkapi kehidupan sehingga saling berdampingan.

   "Rwa Bhineda dapat juga disimbolkan dengan laki-laki dan perempuan yang saling berdampingan, dan menghasilkan kehidupan baru. Selain itu gapura di desain meniru candi bentar Majapahit, adalah untuk mengenang kebesaran Majapahit yang pernah berjaya di tanah air Indonesia. Semoga kemegahan Majapahit dapat menular ke Pura Segara Kenjeran, " ujar Laksda Sudihartawan yang disambut sukacita umat Pura Segara yang  hadir. (Pen2).

(Ahmad)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *