HEADLINE NEWS

Kategori

Komnas PA Deklarasikan TAMPAR Di Medan. Laras Duta Anak Anti Kekerasan di Sumut.



MEDAN  |  kabar24jam.com 

Senin, 02/11/2020.

   Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, Minggu (1/11) telah mendeklarasikan Tim Advokasi Peduli Laras (TAMPAR).

   TAMPAR, yang di inisiasi oleh beberapa elemen organisasi seperti, Lembaga Perlindungan Anak Sumut, Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI), Perserikatan Bangso Batak SeDunia (PBBD) serta yang lainnya, adalah merupakan relawan yang khusus berkomitmen memberi bantuan hukum kepada Raskita Tarigan alias Laras (8), atas  tindak kekerasan yang dideritanya.

    Menurut keterangan Laras, sekitar bulan September 2018, dia dipanggil ibu asuhnya Yus. Laras yang tidak mengerti apa-apa itu, datang mendekati ibu asuhnya. Kemudian Laras dituduh telah  mencuri uang. Walau Laras mengatakan tidak ada, namun ibu asuhnya langsung mengikat kaki dan tangannya pakai tali.

   Setelah itu, ibu asuhnya kembali bertanya dan mengatakan "Laras kau ada mencuri uang"?. Lagi-lagi Laras membantah, namun apa yang terjadi, ibu asuhnya membakar ujung baju tangan sebelah kanan yang kebetulan terbuat dari bahan karet. Dan api segera membesar hingga membakar tangan, perut, dada dan leher.

   Karena proses hukum atas Laporan Laras sudah hampir dua tahun tak jelas, maka terbentuklah relawan TAMPAR untuk memberi bantuan hukum dan mencari donatur untuk pemulihan kondisi tubuh akibat luka bakar.

    Mendengar kisah Laras itu, Arist Merdeka Sirait meminta agar Pemerintah Daerah agar tanggap atas kasus-kasus kekerasan terhadap anak, terutama yang dialami Laras. Arist meminta agar Pemerintah Daerah datang memberi bantuan perobatan atau pemulihan kondisi tubuhnya.

   Selain itu, Arist juga berjanji membantu agar proses hukum yang mandek di Polres Binjai segera diselesaikan hingga ke pengadilan. Bila perlu saya akan hubungi Kapolda bahkan Kapolri, kata Arist. ( Red )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *