HEADLINE NEWS

Kategori

Kembali, Taruna AAL Satlat KJK 2020 Dilibatkan Latihan Patkor Philipine-Indonesia



SULAWESI  |  kabar24jam.com 

Sabtu, 28/11/2020.

   Setelah sebelumnya terlibat dalam latihan bersama di Laut Natuna dan Sulu, kini Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2020, kembali dilibatkan dalam latihan bersama Unsur Patroli Terkoordinasi Philipine-Indonesia (Patkor Philindo), Jumat kemarin.

   Menurut Palaklat KJK 2020, Letkol Laut (P) Aris Dianto, M. Han mengatakan, Satlat KJK yang on board KRI Bima Suci dalam pelayaran etape ke-8 menuju Sorong ini, ketika melintasi perairan Laut Sulawesi melaksanakan serial latihan yang melibatkan KRI Bima Suci, KRI Malahayati-362 dan BRP Apolinario Mabini (PS36) dari Philipine Navy.

   "Latihan bersama ini, tepatnya dilaksanakan diperbatasan antara Indonesia - Philipine di posisi Barat Laut Pulau Marore dengan jarak 43 NM," terang Aris. 

   Pelaksanaan serial latihan lanjut Aris, diawali dengan Manuvering Exercise (Manuver Taktis) dan KRI Malahayati sebagai OCS (Officer Condacting Serial) dengan melaksanakan berbagai formasi diantaranya formasi 1 Station "J", Form "F" Starboard (lambung kanan).

   Dalam Manuvering Exercise tersebut KRI Bima Suci melaksanakan peran parade roll, seluruh Taruna dengan semangat menaiki tiang-tiang KRI Bima Suci yang tingginya mencapai 54 Meter dari permukaan laut, para Taruna menyebar sesuai dengan posnya masing-masing.

   Latihan kedua membentuk formasi 4 untuk melaksanakan Flaghoist Exercise. Pada latihan ini KRI Bima Suci sebagai penjuru sedangkan BRP Apolinario Mabini (PS36) dari Philipine Navy sebagai OCS.

   Pengiriman berita menggunakan isyarat bendera diawali oleh KRI Bima Suci yang diterima oleh BRP Apolinario Mabini (PS36) dan diteruskan ke KRI Malahayati, selanjutnya KRI Malahayati menjawab berita kepada KRI Bima Suci dilanjutkan dengan Break Away, BRP Apolinario Mabini (PS36) dari Philipine Navy melaksanakan manuver ke kiri yang diikuti oleh KRI Malahayati.

   Sementara itu Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla selaku Komandan Satgas OBS menyampaikan termakasih kepada para Komandan Unsur-Unsur Patkor Philindo dalam pelaksanaan latihan kali ini. 

   "Semoga latihan ini dapat meningkatkan profesionalisme prajurit sekaligus sebagai pembelajaran bagi para Taruna Tk.III Angkatan ke-67 yang melaksanakan latihan praktek KJK di KRI Bima Suci," pungkasnya.

Kabagpen AAL,

Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

( Ahmad )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *