HEADLINE NEWS

Kategori

Masyarakat Pulau Jefman Sambut Hangat Prajurit Koarmada III



SORONG  |  kabar24jam.com 

Kumat, 30/10/2020. 

   Komandan Komando Satuan Pasukan Katak Komando Armada (Satkopaska Koarmada) III, Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari beserta satu tim Satkopaska melaksanakan survei daerah latihan dengan menggunakan satu unit Sea Rider di Pulau Jefman, Distrik Salawati, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, kemarin. Survei daerah latihan tersebut sekaligus mendukungan ground service Hely Bell HU-4207 dengan Pilot Kapten Laut (P) Arif Heri dan Copilot Letda Laut (P) Ditto. 

   Survei daerah latihan dan ground service Hely ini merupakan salah satu implementasi kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan arahan Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) dalam rangka meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.

    Masyakat yang mendiami pulau tersebut menyambut hangat kedatangan Tim Satkopaska dan crew Hely sesaat setelah mendarat di eks Bandara Jefman. Selain memiliki alam yang indah, Pulau Jefman juga memiliki peran dalam sejarah. Pulau ini dahulu merupakan gerbang Papua, terdapat bandara Jefman sepanjang 1.850 meter  yang beroperasi hingga tahun 2004. 

   Pulau Jefman berjarak 16,7 km jika ditarik garis lurus dari Pelabuhan Kota Sorong. Akes menuju Pulau Jefman dengan menggunakan kapal motor mesin 40 Pk dengan waktu tempuh sekitar satu jam pelayaran. Jadwal penyebrangan dua kali dalam sehari, yakni pukul 08.00 WIT dari Jefman dan 14.00 WIT dari Sorong. Alternatif lainnya bisa mencarter satu unit kapal motor dengan harga. Perlayaran menuju Jefman akan melewati dua buah pulau yakni, Pulau Doom dan Soom yang keduanya secara administratif masuk kota Sorong. 

   Pulau Jefman ini menjadi saksi akan sebuah kejayaan karena menjadi bandara pertama di Papua bagian barat. Bandara Jefman terakhir beroprasi pada tahun 2004 dan setelah itu pindah di bandara Dominik Eduard Osok di Sorong. Selain landasan bandaranya saja, Pulau Jefman juga memiliki pesona alam dan dunia bawah lautnya  sangat indah. 

    Koarmada III dan jajaran senantiasa memberikan perhatian akan keamanan dan kelesatarian alam laut di wilayah kerjanya, termasuk di gugusan Kepulauan Raja Ampat, dalam hal ini Pulau Jefman. 

Kadispen Koarmada III Kol Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P. ( Ahmad/Red )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *