HEADLINE NEWS

Kategori

Ketua umum PBBD : Sesalkan RSU Adam Malik Tolak Pasien Penderita Tumor.



MEDAN, KABAR 24 JAM.COM.

Senin, 26/10/2020.

   Ketua umum DPP Perserikatan Bangso Batak SeDunia, Taulim P. Matondang sangat kesal mendengar bahwa ada pasien penderita Tumor Rahang yang ditolak pihak RSU Adam Malik.

   Farida, penduduk Belawan yang sudah lama menderita penyakit tumor dirahang, kondisinya saat ini sudah semakin parah, susah makan bahkan sering keluar darah dari mulut.

   Tanggal 29 Juli 2020, Farida dengan diantar keluarganya, berangkat menuju RSU Adam Malik. Tiba sekira pukul 10.00 wib. Setelah mendaftar dan antri sekira 2 jam, akhirnya Farida dan keluarga harus memperoleh jawaban yang lebih menyakitkan, yaitu untuk sementara RS Adam Malik tidak menerima pasien untuk operasi karena Covid 19, dan nanti akan dikabari bila sudah bisa, kata petugas RS kepada keluarga Farida sambil bertukar nomor Hp.

   Dengan terpaksa Farida dibawa pulang sambil menunggu. Namun sampai saat ini, Farida tetap belum bisa mendapat pelayanan, sedangkan penyakitnya semakin parah.

   Ketika kelurga Faridah menghubungi petugas melalui nomor telp seluler, jawaban yang diperoleh selalu "nanti dihubungi".

   Tak tau akan berbuat apa, dan mengadu kemana, akhirnya Farida datang ke Kantor PBBD menyampaikan penderitaannya. Saya orang susah, peserta BPJS, dan sudah ke RS Pirngadi, tapi disarankan ke RS Adam Malik karena disana peralatannya lengkap, tutur Farida.

   Mengingat UU No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU No.36 tahun 2009 tentang Pelayanan Kesehatan, pihak RS tidak boleh menolak pasien dengan alasan apapun. Apalagi Farida penderita tumor rahang, yang tidak bisa mengunyah apapun.

   Untuk Taulim Matondang sudah berupaya menyurati Dirut RSU Adam Malik agar segera memberikan pelayanan kesehatan kepada Farida.

   Apabila pihak RS Adam Malik tetap menolak, maka PBBD akan menempuh proses hukum bersama Farida. ( Tim )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *