HEADLINE NEWS

Kategori

KETUA BIDANG HUKUM ADVOKASI & LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK SUMUT, MENGUTUK KERAS TINDAKAN TERJADI PADA LARAS



MEDAN  |  kabar24jam.com 

Jumat, 02/10/2020.

     Raskita Tarigan usia 8 tahun yang duduk di bangku siswi SD bertempat tinggal di jalan Perintis Kemerdekaan Diski Kota Binjai. Harus hidup menderita karena luka bakar yang di alami nya Cacat permanen, karena ibu asuh nya yang bernama inisial Rus berpendudukan di payaroba kota binjai, tega membakar anak polos tersebut dengan dalih kenakalan nya di masa kanak-kanak. 

    Gadis cantik yang terlihat cerdas harus menahan derita luka bakar di bagian Leher, Dada, Perut, Sampai tangan Kanan nya. Ia sangat ingat betul dengan apa yang di alami nya walaupun kejadian tersebut telah berlalu satu tahun yang lalu, tetapi gadis cantik itu masih sangat teringat jelas perlakuan Ibu Asuhnya kepada dirinya.

    Saat awak Media mewawancarai Dongan Nauli Siagian SH sebagai Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Lembaga Perlindungan Anak Sumut, serta Bayu Subroto SH Dan Dermawan SH Beliau menjelaskan "Kepada Polres Binjai untuk memproses kasus ini secara Obyektif jangan hanya gara-gara kasus laras ini membuat citra Polri buruk di mata masyarakat karena perkara ini hampir 2 tahun Mengendap. Menurut keterangan Ibunda Laras di hadapan Team bahwa pelaku sempat di tahan selama 2 hari namun di bebaskan dengan alasan penangguhan penahanan, Apa dasar Polres mengabulkan penangguhan penahanan sementara ancaman pokok nya sesuai dengan Pasal 76 C, Pasal 81 ayat (1) dan pasal 83 ayat 2  UU No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan Anak dengan ancaman pidana pokok 5 tahun dan maksimal 15 tahun.

    Saya juga mengingatkan kepada polres binjai untuk tidak main-main dengan kasus ini sehingga dalam waktu dekat team dri LPA Sumut, LPA Binjai dan para Relawan penggiat anak akan turun ke Polres Binjai dan Kejari Binjai untuk klarifikasi kasus ini, karenamenurut ibunda Laras perkara ini sudah 2 kali P19.

    Bahkan Ketua LPA Sumut Munirruddin Ritongan SH MH langsung menunjuk Ketua Hukum dan Advokasi LPA Sumut Dongan Nauli Siagian SH untuk menjadi ketua team bersama sama dengan kawan - kawan para penggiat anak di Sumut. LPA Sumut juga meminta kepada Pemerintah Daerah, Pemprovsu dan Pemerintah pusat untuk turun tangan membantu pemulihan kondisi fisik Laras yang saat ini sangat memprihatinkan, bahkan dari hasil diskusi dengan para advokat senior dan para penggiat anak di sumut akan di buat Gerakan Donasi " KITA BERSAMA LARAS" dengan semangat LUKA LARAS LUKA KITA, Ujarnya. ( FH )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *