HEADLINE NEWS

Kategori

Eks Manajer PT Pos Medan Dibekuk Unit Tipikor Reskrim Polrestabes Terlibat Kasus Korupsi



Medan  |  kabar24jam.com
Jumat, 04/09/2020.

   Unit Tipikor Satuan Reskrim Polrestabes Medan, bekuk seorang mantan manajer keuangan, terlibat tindak pidana korupsi di PT Pos Medan.

   " Pelaku yang diamankan terlibat menggelapkan 359 ribu keping materai 6000 dengan kerugian 2 miliar lebih, " ucap Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko kepada awak media di Mapolrestabes Medan, kamis 03/09/2020.

Kombes Pol Riko Sunarko yang didampingi Kasat Res Kompol Martuasah Tobing, "mengatakan Dari pelaku, petugas Polrestabes  medan menyita barang bukti uang sebanyak Rp. 55 juta.

   Modus Operasi yang digunakan oleh pelaku SHS ( Staf Bagian Keuangan ) yaitu mengganti materai 6000 ke dalam amplop yang seharusnya berisikan materai 6000 dengan kertas HVS putih dan amplop bekas, amplop tersebut dimasukan ke dalam kardus yang sudah susun rapi.
   Berdasarkan hasil Laporan Hasil Penghitungan Kerugian Keuangan Negara ( PKKN ) dari BPKP Provinsi Sumut, bahwa Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp 2.094.000.00p,- ( dua miliar sembilan puluh empat juta rupiah ).

   Hasil gelar perkara di Dit Reskrimsus Polda Sumut pada tanggal 9 November 2018 ditetapkan status SHS ( Staf Bagian Keuangan ) dan MMN ( Manajer Keuangan dan Benda Prsedian Materai ) untuk menjadi tersangka.

   Terhadap tersangka SHS ( Staf Bagain Keuangan ) sudah divonis penjara selama 5 tahun sesuai dengan hasil Putusan PengadilanTipikor Medan pada tanggal 25 Juli 2019. Dari hasil Putusan Pengadilan Tindak Pidan Korupsi pada pengadilan Negeri Medan , bahwa terhadap tersangka MMN selaku Manajer Keuangan dan Benda Persedian Materai, dijerat sebagai orang yang melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang ada hubungannya sedemikian rupa sehingga harus dipandang sebagai suatu perbuatan berlanjut, yaitu dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain, atau suatu korupsi, menyalah gunakan  kewenangan, ksempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan.

   Selanjutnya terhadap tersanhka MMN akan dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti ( Tahap - II ).

   Sehingga yang bersangkutan lai dalam pengawasan dari tahun 2016 - 2018 dan sudah ada putusan Pengadilan Tipikor Medan.
Bahwasannya pelaku tidak melakukan pengawasan kepada anggotanya terlibat korupsi dengan menggelapkan ribuan keping materai milik PT. kantor Pos.

   Sehingga Petugas Polrestabes Medan Yang telah mendapatkan laporan langsung mengamankan pelaku tersebut. "Cukup rapi bermainya, sedangkan pelaku lainya sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Medan, "ucapnya. ( Frank )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *