HEADLINE NEWS

Kategori

Tanggul Sungai Kera Jebol, 300 Ha Sawah Dan Ratusan Rumah Terendam Air


Medan Labuhan  |  Kabar24jam.com
Kamis, 13/08/2020.

   Hujan lebat yang mengguyur semalaman membuat debit air Sungai Kera meluap dan menjebol tanggul sepanjang 7 meter dengan kedalaman 3 meter di Dusun VI, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (12/8/2020).

   Jebolnya tanggul sungai itu mengakibatkan sekitar 300 hektare (Ha) areal persawahan dan ritusan rumah penduduk di Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan terendam air.

   Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein didampingi Camat Labuhan Deli Safii Sihombing dan Kepala Desa Pematang Johar Sudarman serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) Pekerjaan Umum (PU) Deli Serdang Zainuddin Ginting dan Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang Zainal Abidin Hutagalung sudah turun ke lokasi untuk melihat secara langsung kondisi tanggul sungai yang jebol.

  Menurut Kades Pematang Johar Sudarman jebolnya tanggul itu merusak 300 Ha persawahan yang sudah ditanami bibit padi. Ia juga membenarkan ada ribuan rumah penduduk di Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan yang terendam air dengan ketinggian air bervariasi.

  Menurutnya, aparat desa langsung melakukan koordinasi dengan pejabat terkait di Kantor Bupati Deli Serdang dan kemudian bersama-sama turun ke lokasi untuk mengecek kondisi tanggul yang jebol guna mengambil langkah-langkah penanggulangan.

  Pihak PU Deli Serdang sudah menyiapkan alat berat serta material yang dibutuhkan untuk menutup tanggul yang jebol itu dengan cara pemberonjongan.

   Kerugian diperkirakan sangat banyak akibat dampak jebolnya tanggul Sungai Kera ini. Banyak persawahan yang sudah ditanami padi diperkirakan mengalami kerusakan akibat sapuan banjir dari luapan air sungai akibat tanggul yang jebol itu.

   “Kerugian sangat banyak karena sawah sudah ditanami padi dan menghijau. Kemudian kerugian lain yang belum dapat ditaksasi, makanya secepatnya ditanggulangi jebolnya tanggul ini,” kata Sudarman.

   Sebelumnya tanggul itu sudah pernah jebol dan diperbaiki. Kejadian ini merupakan yang kedua kali sehingga ke depan tanggul tersebut perlu dibuat lebih kukuh lagi.

  Dikatakan KUPT PU Deli Serdang Zainuddin Sembiring untuk menyelesaikan pekerjaan menutup tanggul yang jebol itu perlu waktu selama 3 hari. Ia berharap ke depan tanggul itu nantinya setelah diperbaiki dengan lebih baik, tidak akan jebol lagi.

   Sementara warga Desa Pematang Johar berharap Pemerintah Deli Serdang dapat melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap tanggul Sungai Kera yang kerap jebol sehingga menimbulkan kerugian materi terhadap petani dan masyarakat yang terkena dampaknya. ( Wil )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *