HEADLINE NEWS

Kategori

LSM LIRA Medan Labuhan Meminta Pemkot Medan Harus Tanggung Jawab Pohon Tumbang




Medan Labuhan  Kabar24jam.com
Jumat, 31/07/2020.

   Pemerintah Kota Medan harus bertanggung jawab terhadap tumbangnya pohon di pinggiran jalan yang sering terjadi belakangan ini, termasuk berbagai akibat yang tidak diinginkan.

   Sekretaris Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kecamatan Medan Labuhan Unggul Rudianto Manurung jumat (31/07/2020) mengatakan, pohon yang tumbang di wilayah kelurahan Sei Mati kacamatan Medan Labuhan bukan sekadar mengganggu kelancaran lalu lintas, tetapi juga menimbulkan kerugian materi, bahkan merenggut korban jiwa.

   Pada dasarnya, tumbangnya pohon yang berada di pinggiran jalan adalah sesuatu peristiwa yang tidak diinginkan bersama, termasuk Pemkot Medan sendiri.

   Namun, peristiwa tersebut dengan segala akibatnya adalah suatu fakta yang menimbulkan aspek hukum, terutama jika memunculkan korban tewas.

   Karena itu, tidak ada pilihan lain kecuali aspek hukum harus dikedepankan dengan itikad baik, paling tidak persoalan tersebut dapat diselesaikan secara baik-baik.

   Tanggung jawab secara hukum dan moril tersebut harus ditunjukkan Pemkot Medan karena keberadaan pohon di pinggir jalan yang tumbang itu adalah urusan pemerintah.

   Tanggung jawab itu karena masyarakat tidak diberikan hak untuk menebang pohon di tepi jalan tersebut, terutama di pinggiran jalan umum tanpa izin terlebih dulu kepada pemerintah.

   Atas pertimbangan itu, pemerintah harus bertanggung jawab jika ada masalah dengan pohon tersebut sebagai bentuk perlindungan bagi masyarakat.

   Menurut Unggul, jika ada pohon di tepi jalan raya yang tumbang dan membuat jatuhnya korban jiwa atau kerugian materi bagi masyarakat karena tidak adanya pengawasan atau perawatan atas pohon tersebut, tentu patut diduga ada unsur kelalaian dari pemerintah.

   Jika peristiwa pohon di pinggir jalan yang tumbang dan menimbulkan korban jiwa itu terjadi di Kota Medan, maka tanggung jawab atas kelalaian tersebut wajar ditimpakan ke Pemkot Medan. ( Wil )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *