HEADLINE NEWS

Kategori

Terdakwa 500 Gram Sabu, Divonis Hakim 10 Tahun Penjara.



Kabar 24 Jam.Com
Medan-Surya Andika terdakwa kasus kepemilikan narkoba jenis sabu seberat 500 Gram divonis Majelis hakin diketuai Eliwarti selama 10 tahun penjara.

"Menjatuhkan terdakwa Surya Andika dengan pidana 10 tahun penjara," kata hakim dalam sidang yang berlangsung di Ruang Cakra 3 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (4/5).

Hakim dalam amar putusan menyebutkan terdakwa jadi kurir sabu, yang dibawa dari Gebang, Langkat, untuk diantarkan ke pembeli pada November 2019 lalu. "Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (2)  Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," ujar hakim.

Atas putusan hakim terdakwa menyatakan pikir-pikir. Sebelumnya jaksa penuntut umum Randi Tambunan menuntut terdakwa dengan hukuman pidana 12 tahun penjara.

Jaksa menyebut, kasus ini bermula November 2019. Terdakwa saat itu dihubungi oleh Rudi (DPO) dari Lhokseumawe, terdakwa disuruh mengambil sabu yang akan dibawa ke depan kantor pos Tanjungpura. Kemudian, terdakwa dihubungi orang suruhan Rudi dan menerima titipan tas.

"Setelah terdakwa menerima tas sandang tersebut dari orang suruhan Rudi lalu terdakwa pulang, selanjutnya terdakwa menghubungi Rudi lalu Rudi menyuruh terdakwa untuk melihat isi  dalam tas dan terdakwa melihat isi tas sandang tersebut berisi 5 bungkus narkotika jenis shabu diduga seberat 500gram," ujar jaksa.

Kemudian pada1 Desember 2019 sekira pukul 00.15, seorang informan polisi yang menyamar jadi pembeli menghubungi terdakwa. Terdakwa dan informan sepakat untuk bertemu di depan SMP 1 Tanjungpura dan setelah terdakwa bertemu dengan informan, sabu pun di pesan sebanyak 500gram.

Terdakwa lalu mengambil sabu ke rumahnya, dan kembali menghubungi informan polisi tersebut dan sepakat serahterima sabu di SPBU yang berada di Jl. Medan-Banda Aceh Desa Cempa Kec. Hinai Kab. Langkat.

Saat turun dari becak motor dan menyerahkan sabu ke informan polisi, saksi Rahmad Hidayat  dan saksi M. Aulia Darma melakukan penangkapan terhadap terdakwa. Pada saat dilakukan penangkapan  ditemukan dan disita barang bukti berupa  5 bungkus sabu tersebut. Dari pengakuan terdakwa ,sabu itu rencana akan dijual seharga Rp225 juta dan bila berhasil ia dijanjikan upah sebesar Rp5 juta. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *