HEADLINE NEWS

Kategori

Mahkamah Agung (MA) Menghukum Zakir Husin 15 Tahun Penjara Denda Rp 1 miliar


Kabar 24 Jam.Com
Medan- Zakir Husin alias Zakir Husin (47) warga Kampung Kubur/Kampung Sejahtera Kecamatan Medan Petisah, 
yang dinyatakan terbukti bersalah sebagai pemilik narkotika jenis sabu seberat 46,98 gram akhirnya dihukum selama 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan penjara oleh Mahkamah Agung 
(MA) 

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Naibaho saat dikonfirmasi wartawan, Senin (11/5) siang menyebutkan, Vonis ini sekaligus menguatkan putusan yang dibacakan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Medan dan Pengadilan Negeri (PN) Medan. 

"Untuk perkara atas nama Zakir Husin, putusan MA menguatkan putusan PT Medan," ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Naibaho pada wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Setelah mendapat pemberitahuan dari MA itu, Chandra Naibaho langsung mengambil salinan putusan ke PN Medan untuk melakukan eksekusi terhadap Zakir Husin. Zakir Husin dinyatakan terbukti melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Selain perkara ini, polisi juga menjerat Zakir Husin dengan perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Berdasarkan penyelidikan, polisi menyita seluruh harta benda milik Zakir yang ditaksir mencapai Rp 8 miliar. Harta benda itu berupa 6 unit rumah dan bangunan. Sedangkan aset bergerak berupa mobil yang telah disita polisi.

Dengan ditetapkannya sebagai tersangka dalam TPPU ini, Zakir Husin kembali terancam hukuman 20 tahun penjara dan denda sebesar Rp 10 miliar. Berkas perkara TPPU ini sudah dinyatakan P21 (lengkap) oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ramboo Loly Sinurat.

Menanggapi itu, Direktur Pusat Studi Hukum Pembaharuan dan Peradilan (Puspha) Sumut, Muslim Muis berharap aparat penegak hukum memberi hukuman terberat setidaknya seumur hidup bagi bandar narkoba Kampung Kubur tersebut.

"Hukuman terhadap Zakir harus bisa memberikan efek jera bagi penyalahgunaan narkoba," ujar mantan Wakil Direktur Lembaga Bantuan Hukum (Wadir LBH) Medan itu. Selain hukuman badan, lanjut Muslim, Zakir Husin juga harus dimiskinkan. "Harta kekayaan yang diperolehnya dari bisnis haram itu harus dirampas untuk negara," pungkas Muslim Muis.

Dia berharap penyidik Polrestabes Medan harus mampu mengungkap bandar besar dibelakang Zakir Husin termasuk penikmat hasil bisnis haramnya.

"Semua yang terlibat harus dibongkar habis dan yang terbukti bersalah harus diberikan tindakan tegas," tandas Muslim (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *