HEADLINE NEWS

Kurir 350 Gr Sabu, Nelayan Asal Asahan Dituntut 12 Tahun Penjara


Kabar24Jam.Com
Medan-Jumat (48) warga Air Joman Kab Asahan terdakwa kasus narkoba jenis sabu seberat 350 Gram hanya bisa terdiam dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama12 tahun penjara dalam sedang yang  menggunakan teleconference di Ruang Cakra 8 PN Medan, Selasa (7/4/2020).

 Dalam persidangan tersebut, telihat majelis hakim diketuai Eliwarti dan JPU Adveri berada di ruangan sidang. Sedangkan terdakwa Jumat berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta Klas IA Medan.

Mereka terhubung secara digital melalui video teleconference. Meski begitu persidangan berlangsung lancar dan terdakwa Jumat memahami tuntutan tersebut yang baru dibacakan penuntut umum.

Selain dituntut 12 tahun, JPU juga menuntut terdakwa dengan denda Rp1 miliar. Subsidair enam bulan kurungan badan apa bila tidak bisa membayarnya.

"Terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 114 (2) UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,"ucap JPU

Usai JPU membacakan tuntutannya  Majelis Hakim diketuai Eliwarti menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda nota pembelaan (pledoi) terdakwa.

Diketahui dalam dakwaan JPU sebelumnya menyatakan, awalnya petugas Ditres Narkoba Polda Sumut mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai dugaan penyalahgunaan narkotika di kawasan Kabupaten Batubara.

Tim petugas melalui bantuan informan, Kamis (3/10/2019), sekira pukul 10.00 WIB kemudian membuat siasat dengan berpura-pura menjadi calon pembeli sabu. Caranya dengan menelepon terdakwa untuk membeli sabu sebanyak 350 gram. Harga yang disetujui saat itu adalah Rp133 juta.

Setelah sepakat dengan harga tersebut petugas kemudian berangkat ke Tanjungbalai. Lalu bertemu dengan terdakwa Jumat di pinggir Jalan Sei Bejangkar.

Kemudian setelah bertemu dengan terdakwa, saat ingin memberikan bungkusan yang berisikan sabu kepada sang pembeli, petugas yang menyamar (undercover buy), langsung melakukan penangkapan terhadap Jumat. Selanjutnya menyita bungkusan yang berisikan sabu seberat 350 gram.

Ketika diinterogasi, terdakwa Jumat menyebutkan bahwa sabu tersebut didapat dari seorang laki-laki bernama Irwansyah alias Ir (DPO). Selanjutnya petugas membawa terdakwa Jumat beserta dengan barang bukti ke Kantor Ditres Narkoba Polda Sumut guna proses penyidikan lebih lanjut.(Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *