HEADLINE NEWS

Terkait Virus Carona (Covid-19) Kejari Medan Stop Pelimpahan Tahap 2 Tersangka dan Barang Bukti.



Kabar24Jam.Com
Medan-Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan telah menyetop sementara pelimpahan tahap dua (tersangka dan barang bukti) dari penyidik Polrestabes Medan beserta jajarannya dan Imigrasi Kelas I Medan. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Pelimpahan tahap dua masih bisa dilakukan pada Senin (23/3). "Senin terakhir penyerahan tersangka dan barang bukti (tahap dua) dari penyidik ke Kejari Medan sampai batas waktu yang tidak ditentukan," ujar Kepala Kejari (Kajari) Medan, Dwi Setyo Budi Utomo kepada wartawan, Rabu (24/3) siang.

Jika ada masa tahanan tersangka yang mau habis, Kejari Medan menyarankan kepada penyidik agar memperpanjang (sesuai Pasal 25 ayat (2) KUHAP) ke Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Selain itu, Kejari Medan juga menyarankan apabila tindak pidana yang dilakukan tersangka tidak signifikan, maka dilakukan pengalihan/penangguhan atau pembantaran penahanan.

"Hal ini menimbang surat dari Kanwil Kemenkum HAM (Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia) Sumut untuk mencegah penyebaran virus corona ke dalam Lapas/Rutan," terang orang nomor satu di Kejari Medan itu.

Bahkan, Kejari Medan menunda pengiriman sementara berkas perkara ke PN Medan. Terpisah, Humas PN Medan, Tengku Oyong mengaku belum mengetahui adanya penyetopan berkas perkara. Meski begitu, Oyong memakluminya karena virus corona sudah menyebar ke Medan.

"Saya belum tau apakah pengiriman berkas perkara distop sementara atau tidak. Tapi menimbang situasi, bisa jadi supaya lewat masa tenggang 14 hari ke depan," pungkas hakim yang membidangi perkara pidana umum ini.(Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *