HEADLINE NEWS

Kategori

Pikul Ganja 3 Goni, Edy dan Ir Nangis Dituntut Seumur Hidup,




Kabar 24Jam.Com
Selasa 17/03/2020
Medan-Muhammad Edy Ryanto alias Mora (24), salah seorang dari 2 terdakwa perantara dalam jual beli (kurir) narkotika Golongan I jenis ganja sebanyak 3 goni menangis terisak di kursi pesakitan karna dituntut dengan hukuman seumur hidup dalam sidang di ruang Cakra 5 Pengadilan Negeri (PN) Medan
Selasa (16/3).sore

Dalam kasus ini, tak hanya terdakwa
Muhammad Edy Ryanto alias Mora saja yang dituntut  dengan hukuman seumur hidup,  tetapi JPU Abdul Hakim Sorimuda Harahap juga menuntut terdakwa Irwansyah alias Ir (56), warga Kecamatan Hamparan Perak Kabupatan Deliserdang (berkas terpisah) dengan hukuman seumur hidup 

JPU Abdul Hakim Sorimuda Harahap dalam materi tuntutannya menguraikan dari fakta-fakta terungkap di persidangan pidana Pasal 114 ayat (2) UU No 35  Tahun  2009  tentang Narkotika Jo Pasal 132 ayat (1) UU No 35  Tahun  2009  tentang Narkotika sebagaimana didakwakan kepada kedua terdakwa, telah memenuhi unsur.

Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak sejalan dengan program pemerintah yang sedang giat-giatnya memberantas praktik penyalahgunaan narkotika. Kali ini penuntut umum tidak menemukan hal yang meringankan pada dironkedua terdakwa.

Sebelum sidang ditunda Majelis hakim diketuai Syafril Batubara memberikan kesempatan kepada kedua terdakwa untuk menyampaikan nota pembelaan (pledoi) dua pekan mendatang.

Terdakwa Muhammad Edy Ryanto (tangan diborgol bersama terdakwa Irwansyah) tampak terisak ketika digiring menuju sel tahanan sementara PN Medan. Ayah dan ibunya Adelina Pane spontan histeris sehingga mengundang warga pencari keadilan.

"Seumur hidup, pak. Padahal yang satu lagi (terdakwa Irwansyah, red) sudah membuat surat pernyataan bahwa dia yang punya ganja itu. Anak saya (terdakwa Muhammad Edy Ryanto) cuma supir angkot yang disuruh bawa barang Monza (pakaian bekas). Nggak tau dia apa isinya dalam goni itu," urai Adelina didampingi suaminya.

Terdakwa Muhammad Edy Ryanto diberhentikan terdakwa Irwansyah alias Ir untuk membawa 3 goni katanya berisi pakaian bekas (monza) dari Percut ke MMTC Jalan William Iskandar Medan. Hanya saja terdakwa Edy Ryanto tidak mengecek barang bawaan tersebut.

Sebelumnyan diketahui dari dakwaan JPU menyebutkan terdakwa, Irwansyah alias Ir, Selasa (20/8/2019) sekira pukul 09.00 WIB memesan ganja temannya bernama Erwin (DPO).  Terdakwa dijemput Erwin ke suatu kebun dan ditemukan sebanyak 3 goni yang didalamnya terdapat 70 bungkus berisi daun ganja kering.

Terdakwa kemudian menghubungi calon pembelinya dengan harga Rp1,5 juta per Kg. Si calon pembeli kemudian menawarkan lokasi transaksi di depan RSU Haji Medan.

Terdakwa pun memberhentikan angkot yang dikemudikan terdakwa Muhammad Edy Ryanto alias Mora. Setelah cocok harga Rp150 ribu, terdakwa Irwansyah mengikuti angkot dari belakang. Terdakwa Irwansyah lebih dulu dibekuk dan tidak lama kemudian terdakwa Mora menyusul dibekuk. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *