HEADLINE NEWS

Kategori

Sadis!!! Istri Bunuh Suami, Terungkap di 77 Adegan ‘Eksekusi’ Rekonstruksi Tahap 2 Pembunuhan Hakim PN Medan.



Kabar24Jam .Com 
Kamis 16/01/2020
Medan- Jajaran Polrestabes Medan bekerjasama dengan Poldasu serta didampingi Kajari Medan Dwi Setyo beserta sejumlah staf, Kamis (16/1/2020), menggelar rekonstruksi tahap dua di 4 lokasi, terkait pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin (55).

Menurut rencana, penyidik fokus pada 77 adegan yang diperankan ketiga tersangka. Yakni Zuraida Hanum (41) yang juga istri kedua Hakim Jamaluddin, Jefri Pratama (42), dan Reza Fahlevi (29). Penyidik juga membawa kendaraan yang mereka gunakan ketika itu ke lokasi.

Dalam rekonstruksi pembunuhan terhadap Jamaluddin, berawal dari Zuraidah menjemput tersangka Jepri dan Reza dengan menggunakan mobil Toyota Camry BK 78 ZH di Pasar Johor, Jalan Karya Wisata, sampai ketiganya membuang korban di jurang Desa Suka Rame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang pada Jumat 29 November 2019 lalu.

Adegan pertama, Zuraidah menjemput Jepri dan Reza di Pasar Johor, Kecamatan Medan Johor, kemudian langsung ke rumah salah satu rekannya, di Komplek Graha Johor yang ketika itu  dijadikan sebagai saksi dalam pemeriksaan di Mapolrestabes Medan.

Di sana, Jefri dan Reza kemudian memakai jaket, sarung tangan, masker, celana jeans biru, dan memakai jaket hitam. Mereka berdua memakai perlengkapan di dalam mobil Toyota Camry BK 78 ZH yang dikemudikan Zuraidah. 

Kemudian, adegan ke lima sampai 54, para pelaku mulai menyusun strategi dan membunuh Jamaluddin di dalam rumahnya, adegan 54 sampai 77 mereka mamasukkan jenazah korban di dalam mobil Toyota Land Cruiser BK 77 HD dan membuangnya di jurang di Desa Suka Rame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian., membenarkan adanya rekonstruksi eksekusi pembunuhan Jamaluddin.

"Iya, dalam kegiatan rekonstruksi ini berjalan dengan aman dan tertib, pihak tersangka tidak memberikan keterangan yang berbelit-belit, ada 77 adegan dari empat lokasi berbeda yang dilakukan rekonstruksi hari ini. Di antaranya di Kompleks Graha Johor, rumah korban, lalu ke rumah salah satu tersangka RP dan terakhir membuang jenazah korban di jurang di Deli Serdang," ucap Andi

“Hari ini ada 77 adegan yang dilaksanakan di empat lokasi,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian.

Andi memaparkan, empat lokasi rekonstruksi tahap dua ini yaitu rumah keluarga tersangka Jefri Pratama dan Reza Fahlevi di Graha Johor Jalan Karya Wisata. Lalu rumah korban di Perumahan Royal Monaco Blok B No. 22, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Serta rumah Reza di kawasan Medan Selayang.

Lokasi terakhir adalah kawasan perkebunan sawit Desa Sukadame, Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Di lokasi pertama lanjut Andi, ada empat adegan. Di lokasi kedua yakni rumah korban ada 54 adegan. lalu di lokasi ketiga, rumah Reza dan sekitarnya ada enam adegan.

“Lalu 13 adegan yakni adegan 65 hingga 77 di perjalanan hingga TKP pembuangan korban,” rinci Andi Rian.

Saat ini proses rekonstruksi masih berlangsung di rumah korban. Di sanalah, Jamaluddin dieksekusi dengan cara dibekap.

Rekonstruksi itu juga dihadiri Tim Jaksa Penuntut Umum antara lain, Parada Situmorang, Mirza Erwinsyah, M Yusuf, Chandra Naibaho, Rambo Sinurat, dan Kharya Shaputra.

Pantauan di lokasi ratusan warga antusias ingin melihat rekonstruksi kasus pembunuhan hakim di kediaman korban Perumahan Royal Monaco Blok B Nomor 22, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor 

Bahkan informasinya sebelum rekonstruksi digelar, dikawasan sekitar rumah korban sudah diramaikan ratusan warga yang ingin menyaksikan. Mereka berdiri di belakang garis polisi yang dipasang di jalan sekitar rumah korban.

Salah seorang warga, Lina mengaku sejak pagi tadi datang untuk melihat rekonstruksi ini. “Saya mau lihat langsung,” katanya.

Begitu melihat tersangka turun dari mobil, para warga menyorakinya. “Wooo Pembunuh,” teriak warga beramai-ramai

Sebelumnya dalam rekonstruksi tersebut terungkap tersangka Zuraida, istri hakim, menawarkan umrah bersama kedua tersangka Jefri dan Reza dan ‘fee’ Rp100 juta dan plus Zuraifa akan mengajak Jefri menikah jika berhasil membunuh suaminya dalam arti apa bila tidak ditangkap.

Pada pemberitaan sebelumnya, usai diautopsi, jenazah Jamaluddin langsung diberangkatkan ke kampung halamannya di Desa Nigan, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Pemberangkatan jenazah korban juga dilepas langsung Ketua PN Medan Sutio bersama para hakim dan panitera serta pegawai pengadilan.

Warga menemukan mobil Land Cruiser, BK 77 HD dalam posisi menabrak pohon kelapa sawit di kawasan perkebunan Dusun II Namo Rindang, Desa Sukarame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (29/11/2019). Warga kemudian melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian.(Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *